MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN TEKNIK MIND MAP
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen untuk mengetahui bagaimana kemampuan representasi matematis dan disposisi matematis siswa sebagai akibat dari penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan Teknik Mind Map. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI suatu Madrasah Aliyah Negeri, yang berjumlah 58 orang yang berasal dari dua kelas. Dari dua kelas penelitian, satu kelas terpilih sebagai kelas eksperimen dan diberi jenis pembelajaran berbasis masalah dengan Teknik Mind Map, sedangkan satu kelas lain terpilih sebagai kelas kontrol dan diberi pembelajaran matematika konvensional. Penelitian ini menggunakan instrumen jenis tes dan skala disposisi matematis. Pengolahan data menggunakan Uji statistik Independent Sample t-Test, Wann Whitney U dan Uji Kruskal Wallis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Kemampuan representasi matematis siswa, setelah mendapatkan jenis pembelajaran berbasis masalah dengan Teknik Mind Map lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan jenis pembelajaran konvensional; (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis antara siswa kelompok PAM (tinggi, sedang dan rendah) yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dengan Teknik Mind Map; (3) Peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dengan Teknik Mind Map sama dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (4) Tidak terdapat perbedaan peningkatan disposisi matematis antara siswa kelompok PAM (tinggi, sedang dan rendah) yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dengan Teknik Mind Map.