PENERAPAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI: Penelitian Kuasi Eksperimen pada SiswaKelas VII SMP Negeri 3 Subang Tahun Ajaran 2014/2015
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam pembelajaran menulis. Pada kurikulum 2013 yang berbasis teks, siswa dituntut untuk menguasai keterampilan menulis diantaranya menulis teks eksposisi. Secara umum kesulitan siswa dalam membuat sebuah tulisan adalah kurangnya latihan dalam membuat sebuah tulisan. Dengan diterapkannya model examples non examples dalam pembelajaran menulis teks eksposisi, siswa dapat melatih kemampuan menulis, sehingga dapat membuat teks eksposisi yang baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model examples non examples dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMP Negeri 3 Subang. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yang ditentukan secara non acak yaitu kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII I sebagai kelas pembanding. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi dengan desain penelitian non equivalent control group design. Berdasarkan hasil penghitungan uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh ttabel<thitung>ttabel, yaitu 2,02 < 2,59 > 2,02. Hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak atau dengan kata lain terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi yang diberi perlakuan menggunakan model examples non examples dan kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi yang tidak menggunakan model examples non example