MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LARI JARAK PENDEK MELALUI PERMAINAN WARNA-WARNI SISWA KELAS V SDN KASTURI II KECAMATAN CIKIJING KABUPATEN MAJALENGKA
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil observasi dilapangan hasilanalisis data membuktikanbahwamelalui permainan warna-warni telahmampumeningkatkanpersentaseteknikgerakdasar lari jarak pendek yang sesuaidengantujuanpembelajaran. Hasil dari IPKG I pada data awal mencapai 47,33%, siklus I 72,34%, siklus II 85,92% dan siklus III mencapai 93, 05%. Hasil dari pengamatan IPKG II data awal mencapai 46%, siklus I 66,25%, siklus II 87,5% dan siklus III mencapai 93,5%. Untuk hasil pengamatan aktivitas siswa pada data awal mencapai 5% untuk kategori baik (B), 55% kategori cukup (C), 40% kategori kurang (K). Siklus I 15% kategori B, 70% kategori C, 15% kategori K. Siklus II 65% kategori B, 35% kategori C, 0% kategori K. Siklus III 90% kategori B, 10% kategori C, 0% kategori K. Sebagaiakumulasidarisemuaketerampilandalam lari jarak pendek inipadatesawalkelulusanbarumencapai 15% atausekitar 3 siswa, siklus I adapeningkatanmenjadi 35% atau sekitar 7 siswa, siklus II 60% sekitar 12 siswadansiklus III 90% atausekitar 18 siswa. Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajaranmelalui permainan warna-warni dapat dalamtiga kali tindakandaritiapsiklustelahmampumeningkatkankemampuangerakdasar lari jarak pendek padasiswakelas V SDN Kasturi II melalui indicator tercapainyalebih dari 90% siswamenunjukan pembelajaran lari jarak pendek yang sesuaidengantujuanpembelajaranselamamengikutikegiatanpembelajaranpenjas.