Daftar Isi:
  • Berdasarkanpenelitian data awal yang dilakukanterhadapsiswakelasIV SDN Cikuya 01 KecamatanCicalengkaKabupaten Bandungdapatdiketahuibahwatingkatkemampuansiswadalammelakukangerakdasarmemukul bolamasihjauhdari yang diharapkan.Berdasarkanhasiltes data awalhanyaadatujuhsiswa yang dinyatakanmencapai KKM (KriteriaKetuntasan Minimal) dalammelakukantesmemukul bola darijumlahsiswa 26.Hal tersebutdisebabkankarenadalampembelajarangerakdasarmemukul bola guru tidakmenggunakanpembelajaran yang dapatmenarikantusiassiswa, sehinggasiswatidakdapatmelakukangerakdasarmemukul bola denganbaikmulaidarisikapawal, padasaatpelaksanaandansikapakhir.Karenadalampembelajaransiswamerasajenuhdanterkesanmalasuntukmengikutipembelajaran.Upaya yang dilakukanpenelitiuntukmemperbaikimasalahtersebutyaitudenganmenerapkanpembelajaranmodifikasialatmelaluipermainankasti. Sedangkanuntukmendapatkanhasil yang akurat, penelitimenggunakanmetodepenelitiankualitatif yang mengacupadamodifikasispriralpenelitiantindakankelas (PTK) olehKemmisdan Mc. Taggart, yang dimulaidengantahapperencanaantindakan, pelaksanaantindakan, observasidanreleksi. SubjekdalampenelitianiniyaitusiswakelasIV SDNCikuya 01 KecamatanCicalengkaKabupaten Bandungtahunajaran 2014/2015sebanyak26siswa.Instrumen yang digunakanyaitupedoman observasi, pedoman wawancara, catatanlapangan, danteshasilbelajarsiswa.Validasi data yang digunakanyaituteknikmember check,triangulation,audit trail,danexpert opinion.Dari hasilpenelitian yang telahdilakukan, baikkinerja guru dalammerencanakan, kinerja guru dalammalaksanakan, aktivitassiswa, danhasilbelajarsiswamengalamipeningkatanpadasetiapsiklusnya.Terbuktidarihasilobservasitahapperencanaansiklus I meningkatmenjadi 71,25%, siklus II meningkatmenjadi 82,5%danpadasiklus III meningkatmenjadi 96,5% dengankriteriabaiksekali. Observasitahappelaksanaansiklus I meningkatmenjadi 67,5%, siklus II meningkatmenjadi 73,3% danpadasiklus III meningkatmenjadi 98,33%. Aktivitassiswasiklus I memilikitafsiranbaiksekali 26,92%, baik 38,46%, cukup34,61% dankurang 0%. Siklus II tafsiranbaiksekali 46,15%, baik 26,92%, cukup 26,92% dankurang 0%. Siklus III tafsiranbaiksekali 69,23%, baik 19,23%, cukup 11,53% dankurang 0%. Hasiltesbelajarsiswa yang tuntaspadasiklus I 50,00%, siklus II meningkatmenjadi73,07%, dansiklus III meningkatmenjadi 92,30%. Dengandemikianpembelajaranmodifikasialatdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa di kelasIV SDNCikuya 01KecamatanCicalengkaKabupaten Bandung.