Daftar Isi:
  • Penelitianinidilakukan karena banyak penelitian yang mengatakan bahwa pembelajaranmatematika kurangdiperhatikandalam hal pelaksanaanya.TujuanpenelitianiniadalahuntukmelihatapakahpendekatanRMEdapatmeningkatkankemampuansiswapadamateriluasdankelilingjajargenjang atau tidak.Penelitianinidilakukandenganmetodeeksperimenkelompok kontrolpretes-postes.Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalahsoalpretesdanposteskemampuankomunikasimatematis, angket, observasikinerja guru, observasiaktivitassiswadanwawancara.Hasilanalisistes menunjukkanbahwaadanyapeningkatankemampuankomunikasisiswadenganpembelajaran yang menggunakanpendekatan RME padamateriluasdankelilingjajargenjang. Sedangkan hasil uji Mann Whitney menunjukkanbahwapendekatanRMElebihbaikdibandingkanmetodekonvensional.Berdasarkan hasil angket, sebagianbesarsiswamemberikanrespon positifterhadappembelajaranRME yang dilakukan.Faktor yang mendukungpembelajarandenganmenggunakanRME adalah media pembelajaran yang menarik, kegiatanpembelajaran yang melibatkansiswadankinerja guru yang baik. Faktorpenghambatpembelajaranadalah media pembelajaran yang terlalukecildanmanajemenwaktu yang kurangbaik.