PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SD KELAS IV PADA MATERI LUAS DAN KELILING JAJARGENJANG
Daftar Isi:
- Penelitianinidilakukan karena banyak penelitian yang mengatakan bahwa pembelajaranmatematika kurangdiperhatikandalam hal pelaksanaanya.TujuanpenelitianiniadalahuntukmelihatapakahpendekatanRMEdapatmeningkatkankemampuansiswapadamateriluasdankelilingjajargenjang atau tidak.Penelitianinidilakukandenganmetodeeksperimenkelompok kontrolpretes-postes.Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalahsoalpretesdanposteskemampuankomunikasimatematis, angket, observasikinerja guru, observasiaktivitassiswadanwawancara.Hasilanalisistes menunjukkanbahwaadanyapeningkatankemampuankomunikasisiswadenganpembelajaran yang menggunakanpendekatan RME padamateriluasdankelilingjajargenjang. Sedangkan hasil uji Mann Whitney menunjukkanbahwapendekatanRMElebihbaikdibandingkanmetodekonvensional.Berdasarkan hasil angket, sebagianbesarsiswamemberikanrespon positifterhadappembelajaranRME yang dilakukan.Faktor yang mendukungpembelajarandenganmenggunakanRME adalah media pembelajaran yang menarik, kegiatanpembelajaran yang melibatkansiswadankinerja guru yang baik. Faktorpenghambatpembelajaranadalah media pembelajaran yang terlalukecildanmanajemenwaktu yang kurangbaik.