PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG (PenelitianEksperimenterhadapSiswaKelas V di SDN GudangkopiIdan SDN Darangdan di KecamatanSumedang Selatan KabupatenSumedang)
Daftar Isi:
- Adanyapenelitianinididasarkanpadapemikiranbahwakemampuankoneksimatematisadalahkemampuan yang tidakbisadikembangkansecarainstanmelainkanperlu proses. Kemampuankoneksimatematistentunyadapatdikuasaiolehsiswaapabila guru dapatmenciptakanpembelajaranmatematikadengankondisibelajar yang membuatsiswaaktif, memfasilitasigayabelajarsiswa yang bervariasi, danmenciptakanpembelajaran yang bermaknabagisiswa. Untukitulahpenelitianinimenggunakanpendekatan SAVI yang dapatmemfasilitasigayabelajarsiswa yang bervariasidengankeempatunsurnyayaitusomatik, audio, visual, danintelektual. Penelitianinimerupakansebuahpenelitianeksperimendengandesainpenelitiankelompokkontrolpretes-postes.Adapaunpopulasipenelitianiniyaituseluruhsiswa SD se-KecamatanSumedang Selatan yang beradapada level papak.Sementara, sampelnyaadalahsiswakelas V SDN Gudangkopi I sebagaikelompokeksperimendan SDN Darangdansebagaikelompokkontrol.Penelitianinimenggunakan instrument tesdannontesantaralainteskemampuankoneksimatematis, format observasikinerja guru, format observasiaktivitassiswa, angket, format catatanlapangan, danjurnalhariansiswa. Hasilanalisis data penelitiandengantarafsignifikansi 0,05menunjukkanbahwapembelajarandenganmenggunakanpendekatan SAVI dapatmeningkatkankemampuankoneksimatematissiswa SD padamateriluaspermukaandan volume bangunruang.Kemampuankoneksimatematissiswa yang mengikutipembelajarandenganmenggunakanpendekatan SAVIlebihbaiksecarasignifikandaripadasiswa yang mengikutipembelajarandenganpendekatankonvensional.Peningkatankemampuankoneksimatematissecaraumumditunjangjugaolehresponsiswayang positif,kinerja guru yang optimal, dansiswaterlibataktifselamapembelajaransertapenggunaan media pembelajarankonkret yang memudahkansiswauntukmelakukanmanipulasi. Kata Kunci: Pendekatan SAVI, PendekatanKonvensional, KemampuanKoneksiMatematis.