Daftar Isi:
  • Latarbelakangmasalahpenelitianiniadalah proses danhasilbelajarsiswadalampembelajaransifat-sifatcahaya di kelas V SDN LembangKecamatanPamulihanKabupatenSumedangbelumsesuaidengan yang diharapkan. Berdasarkanhasilobservasi data awal, hasilbelajarsiswasebagianbesarbelummencapai KKM.Hal tersebutdisebabkan guru hanyamenggunakanmetodeceramah, kurangkreatifmencarisumberbelajar, dantidakmenggunakan media pembelajaran.Dampaknyasiswakurangaktifdalampembelajarandansiswakesulitanmemahamimateripelajaran.Melihatpermasalahantersebut, salahsatuupaya yang dapatdilakukanuntukmemperbaikihasilbelajarsiswayaitumenerapkan model pembelajaranPredict-Observe-Explain (POE).Dengan model POE, siswadilibatkanlangsungdalampembelajarandarimembuatprediksi, mengujiprediksimelaluipengamatan, danmenjelaskanhasilpengamatandenganprediksi. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatankinerja guru danaktivitassiswapada proses pembelajaransertapeningkatanhasilbelajarsiswadengan model POE. Metodepenelitian yang digunakanadalahpenelitiantindakankelasdengandesainpenelitian model KemmisdanMc Taggart. Penelitiantindakankelasiniterdiridaritigasiklus.Kinerja guru danaktivitassiswasertahasilbelajarsiswamengalamipeningkatanmulaidari data awalsampaisiklusterakhir.Pada data awalsiswatuntas 4 siswa (11,4%) dari 35 siswa. Siklus I siswatuntas 12 siswa (34,3%), siklus II siswatuntas 24 siswa (68,6%), dansiklus III siswatuntas 32 siswa (91,4%). Dengandemikian, penerapan model pembelajaran POE padapembelajaransifat-sifatcahaya di kelas V SDN Lembangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Kata kunci: model pembelajaranPredict-Observe-Explain, hasilbelajar, sifat-sifatcahaya