PENGARUH PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DAN HEWAN (PenelitianEksperimenterhadapSiswaKelas V di KecamatanSumedang Utara KabupatenSumedang)
Daftar Isi:
- Penelitian yang berjudul “PengaruhPenerapan Media Audio Visual terhadapHasilBelajarSiswapadaMateriSistemPernapasanManusiadanHewan” inipadadasarnyabertujuanuntukmengetahuipengaruh media audio visual terhadaphasilbelajarsiswa.Dari tujuantersebutlaludibagimenjaditujuankhususyaituuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajar di kelaseksperimendankelaskontrol, untukmengetahuiperbandinganpeningkatanhasilbelajar di keduakelas, danuntukmengetahuiresponsiswaterhadappembelajaran media audio visual.Metode yang digunakandalampenelitianiniadalaheksperimendengandesainpenelitianTrue eksperimental design jeniskelompokkontrolpretes-postes (Presest-Posttest Control Group Design).Populasi yang digunakandalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas V di KabupatenSumedang Utara.Sedangkansampelpadapenelitianadalahsiswakelas V di SDN Karapyak 1.DengankelasVasebagaikelaskontroldankelasVbsebagaikelaseksperimen. Data penelitiandiperolehmelaluiteshasilbelajarsiswadenganmaterisistempernapasanmanusiadanhewan.Selainitu, untukmengetahuiresponsiswa data didapatdariwawancaradanangketsiswa yang dilakukansetelahpembelajarandanpostesberlangsung.Hasilpenelitiandengantarafsignifikasi α = 0,05, menunjukanbahwa : (1) Pembelajarandenganmenggunakan media audio visual dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamaterisistempernapasanmanusiadanhewan. (2) Pembelajarankonvensionaldapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamaterisistempernapasanmanusiadanhewan. (3) Peningkatanhasilbelajarsiswa yang mengikutipembelajaranmenggunakan media audio visual lebihbaikdibandingkanhasilbelajarsiswa yang mengikutipembelajarankonvensional. (4) Sebagianbesarsiswamemberikanrespon yang positifterhadappembelajarandenganmenggunakan media audio visual.