Daftar Isi:
  • Penelitian ini didasari oleh adanya hasil penelitian yang menyatakan bahwa kemampuan berpikir rasional siswa masih rendah karena pada proses pembelajaran hanya menekankan kepada hafalan. Pendekatan quantum teaching dipilih karena konsep pembelajaran yang menyenangkan dan merangsang siswa untuk aktif mengamati, menyesuaikan antara teori dan fakta, dan dapat mencoba melakukannya sendiri.Tujuan umum penelitian ini untuk melihat pengaruh model quantum teaching terhadap kemampuan berpikir rasional siswa.Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol pretes-postes.Populasi pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V SD sekecamatan Gegesik yang peringkat sekolahnya tergolong tinggi dengan sampel SDN 1 Panunggul, kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol.Instrumen yang digunakan ialah soal tes kemampuan berpikir rasional, respon siswa, wawancara dan lembar observasi. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi α = 0,05 menunjukkan bahwa pembelajaran konvensional dan pembelajaran dengan model quantum teaching dapat meningkatkan kemampuan berpikir rasional siswa. Pembelajaran dengan model quantum teaching lebih baik secara signifikan daripada pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan berpikir rasional siswa. Kata Kunci: model quantum teaching, berpikir rasional, materi cahaya, sekolah dasar