PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) DALAM MEMBACA NYARING(PenelitianTindakanKelas II SDN Cimalaka I KecamatanCimalakaKabupatenSumedang)
Daftar Isi:
- Berdasarkanhasilpenelitianawal, kemampuanmembacanyaringsiswamasihrendahditandaidengankesulitansiswadalammembacanyaringmenggunakanlafaldanintonasi yang tepatsertabeberapasiswabelummampumembacadenganlancar.Hal inidikarenakanpembelajaran yang dilaksanakanhanyaberpusatpada guru dankurangmelibatkansiswa.Selainitu, kegiatanpembelajaran yang menjenuhkansertametode yangkurangmenarikmenyebabkanmotivasibelajarsiswarendah.Untukmengatasipermasalahantersebut, makadiadakannyapenelitian yang bertujuanuntukmeningkatkankemampuanmembacanyaringsiswa.Penelitianyang digunakanyaituPenelitianTindakanKelasdengandesainKemmisdan Taggart, instrumen yang digunakanyaitulembarwawancara, lembarobservasi, catatanlapangan, danlembartesperbuatanmembaca.Tindakan yang dilakukanyaitumenerapkanmetode SAS dalammembacanyaring.Berdasarkanhasilpelaksanaantindakanselamatigasiklusdiperolehhasilbahwakemampuanmembacanyaringsiswameningkat.Hasilpenelitianawaldiketahuibahwadari 20 siswa, hanya 7 siswaatau 35% yang tuntasdan 13 siswaatau 65% belumtuntas. Kemudiansetelahditerapkannyametode SAS, padasiklus I siswa yang tuntasmeningkatmenjadi 10 siswaatau 50% dan 10 siswaatau 50% belumtuntas, padasiklus II meningkatlagimenjadi 14 orang atau 70% yangtuntasdan 6 orang atau 30% belumtuntas, padasiklus IIImeningkatmenjadi 18 siswa yang tuntasatau 90% dan 2 siswaatau 10% belumtuntas.Dengandemikian, implementasipenerapanmetode SAS berdampakpositifpadapembelajaranmembacanyaringsiswakelas II SD NegeriCimalakaI KecamatanCimalakaKabupatenSumedang. Olehkarenaitu, metodeinidapatdigunakanuntukpembelajaran lain yang relevan. Kata kunci : SAS, membacanyaring, kemampuanmembaca