Daftar Isi:
  • Masalah dalam pembelajaran yang sering terjadi yaitu pembelajaran yang tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengapresikan ide atau gasasannya. Pembelajaran saat ini terkesan membuat siswa hanya dapat menghafal tanpa bisa memahami apa yang dipelajari, sehingga membuat siswa tidak dapa mengaplikasikan apa yang diterima dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan di SDN Taktakan 2 dengan responden berjumlah 25 orang di kelompok kontrol dan 25 orang di kelompok eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan instrumen skala sikap, jurnal harian, wawancara pretest dan postest. Hasil dari pretest kelas eksperimen dan kontrol berselisihkan 12,6, sedangkan untuk hasil postest kelompok ekperimen dan kontrol dengan selisih 25,7. Kelompok eksperimen memiliki rata-rata paling besar diandingkan dengan kelas kontrol karena menggunkan model pembelajaran kooperatif. Hal tersebut menunjukan bahwa model ini sangat berpengaruh sekali pada peningkatan kemampuan matematis siswa.