Daftar Isi:
  • Berdasarkan data awal yang diperoleh dari kelas III SDN Conggeang I, siswa mengalami kesulitan dalam menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri memperhatikan ejaan yang benar. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas perencanaan, pelaksanaan dan keterampilan siswa dalam menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri. Untuk menyelesaikan permasalahan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa dalam menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri peneliti memilih model kooperatif tipe two stay two stray dengan 5W1H. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas merujuk pada model spiral yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan tindakan. Penelitian ini terjadi tiga siklus. Hasil siswa pada siklus I lima siswa (12,5%) yang tuntas, siklus II 12 siswa (75%) yang tuntas dan siklus III 14 siswa (87,5%) yang tuntas. Dari setiap siklus mengalami peningkatan. Dengan demikian penerapan model kooperatif tipe two stay two stray dengan 5W1H mampu meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri. Kata Kunci : Menulis, gambar seri, model kooperatif tipe two stay two stray, 5W1H