PENERAPAN PERMAINAN KABAR (KATA DAN GAMBAR) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS DONGENG DI KELAS III SDN MANDALAHERANG III KECAMATAN CIMALAKA KABUPATEN SUMEDANG
Daftar Isi:
- Yang harusdicapaiolehsiswadalamkompetensidasarmenceritakanisidongengdibacaadalahmenentukanunsurintrinsikdanmenceritakankembalidongeng yang dibacasesuaidenganisidanmenggunakankalimatsendiri.Kesulitan yang dialamisiswayaitu,kurangmampumengingaturutankejadiandanmenggunakankalimatsendiri.Penyebabnya guru tidakmenggunakan media danteknik yang tepat.UntukmengatasinyadiadakanPenelitianTindakanKelasmelalui penggunaan permainan Kabar (Kata dan Gambar).Keaktifan, tanggung jawab, kerjasama, unsur intrinsik dan menceritakan kembali dongeng dapat dilatih. Rancanganpenelitiannyamenggunakan Model Spiral dariKemmisdan Taggart, dengantahapanperencanaan, tindakan, observasidanrefleksi. Instrumenpenelitian yang digunakanadalahpedomanobservasiaktivitassiswadankinerjaguru, pedomanwawancara, catatanlapangansertateshasilbelajar. Dari data yang telahdiambil, diperolehfakta untuk kinerjagurubahwa pada siklus I mencapai 66,67%, pada siklus II menjadi 83,33%, dan pada siklus III menjadi 95,83%. Sedangkan untuk aktivitas siswa dari 21 siswa yang mendapat nilai baik sekali siklus I terdapat tiga siswa atau 14,25%, pada siklus II menjadi delapan siswa atau 38,10%, danpada siklus III menjadi 18 siswa atau 85,71%. Hasil belajar siswa dengan KKM 65 siklus I delapan siswa atau 38%,siklus II menjadi 14 siswaatau 67% dansiklus III ada 19 siswaatau 90,47%danmelebihi target penelitian. Dengandemikian, dapatdisimpulkanpenerapanpermainanKabar (Kata danGambar)dapatmeningkatkanketerampilanmembacapemahamanteksdongeng. Kata kunci :permainankabar (kata dangambar), membacapemahaman, teksdongeng