Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh intervensi metode latihan imajeri motivasional terhadap penguasaan keterampilan teknik dasar lob bertahan dan kepercayaan diri atlet pemula usia 10-12 tahun, sekaligus menguji adanya tidaknya korelasi antara peguasaan keterampilan teknik dasar lob bertahan dengan kepercayaan diri. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen terhadap sampel penelitian siswa-siswa SDN 1 GROGOL KAB. CIREBON yang aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bulutangkis sebanyak 20 orang, terdiri atas 10 orang kelompok eksperimen dan 10 orang kelompok kontrol, dari setiap kelompok terdiri dari 5 orang siswa putra dan 5 orang siswa putri. Semua sampel di pilih dan ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil penghitungan uji independent samples t tes data kelompok eksperimen dan kelompok kontrol lob bertahan dengan menggunakan asumsi equal variances not assumed diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol yaitu (21,00 > 16,10) dan hasil penghitungan uji independent samples t tes data kelompok eksperimen dan kelompok kontrol kepercayaan diri menggunakan asumsi aequal variances not assumed diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol yaitu (54,10 > 50,90), dan setelah di analisis, terbukti bahwa metode latihan imajeri motivasional memberikan pengaruh signifikan terhadap penguasaan teknik dasar lob bertahan dan kepercayaan diri atlet pemula usia 10-12 tahun. Kata-kata kunci: Imajeri Motivasional, Keterampilan Teknik Dasar Lob Bertahan, dan Kepercayaan Diri.