ctrlnum 19511
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.upi.edu/19511/</relation><title>MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS V&#xD; SDN UMBUL TENGAH 1 KOTA SERANG: Penelitian Eksperimen pada Kelas V SDN Umbul Tengah 1</title><creator>Herlina, Siti</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di sekolah dasar, khususnya soal yang berbentuk cerita. Berdasarkan hasil study penjajakan yang dilakukan peneliti di SDN Umbul Tengah 1, hal ini disebabkan karena siswa tidak terbiasa mengerjakan soal-soal pemecahan masalah dan siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran di kelas. Menyikapi masalah tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas VA SDN Umbul Tengah 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VB SDN Umbul Tengah 1 sebagai kelas kontrol. Desain pada penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Soal pretes dan postes pada penelitian ini terdiri dari empat soal yang berbentuk uraian. Adapun subyek dari penelitian ini adalah berjumlah 60 siswa kelas V yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui hasil pretes dan postes kemampuan menyelesaikan soal pemecahan masalah pada konsep pembagian pecahan dan hasil wawancara. Data ini selanjutnya dianalisis menggunakan Software Statistic Passage for the Social Science (SPSS) 21.0 for windows dan Ms. Excel. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata postes siswa kelas eksperimen yaitu 71,90 dengan rata-rata pretes kelas eksperimen 34,10 dan N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,5957. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang signifkan pada kelas yang mendapatkan pembelajaran dengan model learning cycle.</description><date>2015-12-18</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/19511/1/S_MTK_KDSERANG_1102813_title.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/19511/2/S_MTK_KDSERANG_1102813_Abstract.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/19511/3/S_MTK_KDSERANG_1102813_table_of_content.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/19511/4/S_MTK_KDSERANG_1102813_Chapter%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/19511/5/S_MTK_KDSERANG_1102813_Chapter%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/19511/6/S_MTK_KDSERANG_1102813_Chapter%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/19511/7/S_MTK_KDSERANG_1102813_Chapter%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/19511/8/S_MTK_KDSERANG_1102813_Chapter%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/19511/9/S_MTK_KDSERANG_1102813_Bibliography.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/19511/10/S_MTK_KDSERANG_1102813_Appendix.pdf</identifier><identifier> Herlina, Siti (2015) MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS V SDN UMBUL TENGAH 1 KOTA SERANG: Penelitian Eksperimen pada Kelas V SDN Umbul Tengah 1. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. </identifier><recordID>19511</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Herlina, Siti
title MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS V SDN UMBUL TENGAH 1 KOTA SERANG: Penelitian Eksperimen pada Kelas V SDN Umbul Tengah 1
publishDate 2015
topic LB1501 Primary Education
url http://repository.upi.edu/19511/1/S_MTK_KDSERANG_1102813_title.pdf
http://repository.upi.edu/19511/2/S_MTK_KDSERANG_1102813_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/19511/3/S_MTK_KDSERANG_1102813_table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/19511/4/S_MTK_KDSERANG_1102813_Chapter%201.pdf
http://repository.upi.edu/19511/5/S_MTK_KDSERANG_1102813_Chapter%202.pdf
http://repository.upi.edu/19511/6/S_MTK_KDSERANG_1102813_Chapter%203.pdf
http://repository.upi.edu/19511/7/S_MTK_KDSERANG_1102813_Chapter%204.pdf
http://repository.upi.edu/19511/8/S_MTK_KDSERANG_1102813_Chapter%205.pdf
http://repository.upi.edu/19511/9/S_MTK_KDSERANG_1102813_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/19511/10/S_MTK_KDSERANG_1102813_Appendix.pdf
http://repository.upi.edu/19511/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di sekolah dasar, khususnya soal yang berbentuk cerita. Berdasarkan hasil study penjajakan yang dilakukan peneliti di SDN Umbul Tengah 1, hal ini disebabkan karena siswa tidak terbiasa mengerjakan soal-soal pemecahan masalah dan siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran di kelas. Menyikapi masalah tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas VA SDN Umbul Tengah 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VB SDN Umbul Tengah 1 sebagai kelas kontrol. Desain pada penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Soal pretes dan postes pada penelitian ini terdiri dari empat soal yang berbentuk uraian. Adapun subyek dari penelitian ini adalah berjumlah 60 siswa kelas V yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui hasil pretes dan postes kemampuan menyelesaikan soal pemecahan masalah pada konsep pembagian pecahan dan hasil wawancara. Data ini selanjutnya dianalisis menggunakan Software Statistic Passage for the Social Science (SPSS) 21.0 for windows dan Ms. Excel. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata postes siswa kelas eksperimen yaitu 71,90 dengan rata-rata pretes kelas eksperimen 34,10 dan N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,5957. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang signifkan pada kelas yang mendapatkan pembelajaran dengan model learning cycle.
id IOS14013.19511
institution DEFAULT
institution_type library:public
library
library DEFAULT
collection DEFAULT
city DEFAULT
province DEFAULT
repoId IOS14013
first_indexed 2020-06-22T08:30:03Z
last_indexed 2020-06-22T08:30:03Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1765980240721477632
score 17.538404