Daftar Isi:
  • Penelitian inidilatarbelakangidenganadanyapermasalahanmencontek yang dialamiolehbeberapapesertadidikketikamenghadapiujianatauulangan, apabilaperilakumencontekdibiarkanberlarut-larutmakaperilakutersebutakanmenjadikebiasaansehinggamembentukpribadi yang tidakjujur. Tujuanpenelitianiniuntukmemperolehgambaranumumperilakumencontekpesertadidik yang dijadikanlandasandalampenyusunan program bimbinganakademikuntukmereduksiperilakumencontekpesertadidik.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatif dengan metode penelitian deskriptif denganjumlahpopulasisebanyak 155 pesertadidikdikelas VIII MTs.RijalulHikamJatinagaratahunajaran2014/2015denganmenggunakansampeljenuh.Hasilpenelitianinimenunjukanbahwa: (1) Secara umum gambaran mencontek pesertadidik kelas VIII MTs Rijalul Hikam Jatinagara tahun ajaran 2014/2015 berada pada kategori ā€œsedangā€dengankecenderunganbentukmenconteksocial-activeyaknimelakukantindakankecurangandalambidangakademikdengancaramemintabantuan orang lain.(2)Hasiluji validasimenurutparaahli BK bahwalayananprogram bimbinganakademikinilayakdigunakanuntukmereduksiperilakumencontek. Adapunrekomendasidaripenelitianiniyaitu program bimbinganakademikuntukmereduksiperilakumencontekpesertadidikdapatdigunakansebagaisalahsatualternatiflayananbimbingandankonselingdalammengatasipermasalahanbelajarkhususnyauntukmereduksiperilakumencontekpesertadidik. Kata Kunci: Program Bimbingan Akademik,Perilaku Mencontek, Peserta Didik.