ctrlnum 19005
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.upi.edu/19005/</relation><title>IMPLEMENTASI PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING MODEL COURSE REVIEW HORAY PADA KONSEP TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA: PTK di Kelas IV SDN Tamansari V Kecamatan Pulomerak Kota Cilegon</title><creator>Nuryanto, Liana</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Implementasi Pendekatan Cooperative Learning Model Course Review Horay pada Konsep Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Tamansari V Kecamatan Pulomerak Kota Cilegon&#x201D;. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih menggunakan metode tradisional, sehingga siswa tidak dapat berperan secara aktif dan hanya menerima materi yang disampaikan oleh guru. Sehingga tujuan pembelajaran belum dapat tercapai secara maksimal. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV di SDN Tamansari V Kecamatan Pulomerak Kota Cilegon. Dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang, 12 siswa laki-laki, dan 12 siswa perempuan. Adapun masalah utama dalam penetian ini adalah &#x201C;Apakah hasil belajar siswa kelas IV SDN Tamansari V tentang &#x2018;Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Tansportasi&#x2019; dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran course review horay?&#x201D;&#xD; Pendekatan cooperative learning model course review horay adalah suatu pendekatan dimana siswa melaksanakan proses pembelajaran dengan belajar secara kelompok. Pada model course review horay tahap awal siswa dibagi kedalam beberapa kelompok, setiap kelompok harus menyerukan yel-yel nya sebelum mengerjakan soal dari guru. Bilamana pada saat pengoreksian soal ada kelompok yang benar dalam menjawab, maka kelpok tesebut harus menyerukan &#x201C;horee&#x201D;.&#xD; Berdasarkan analisis data, ketuntasan hasil belajar siswa dapat meningkat melalui model pembelajaran course review horay. Terbukti dari data secara empiris bahwa ketuntasan belajar pada prasiklus nilai rata-rata kelas 60,62 meningkat pada siklus I menjadi 66,45 dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 80,20. Dari data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran course review horay dapat menngkatkan hasi belajar siswa pada konsep teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi, sehingga dapat direkomendasikan kepada seluruh pembaca dan peneliti yang lain untuk dapat menggunakan pendekatan ini.</description><date>2015-12-04</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/19005/1/S_IPS_KDSERANG_1100432_Title.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/19005/2/S_IPS_KDSERANG_1100432_Abstract.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/19005/3/S_IPS_KDSERANG_1100432_Table_of_content.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/19005/4/S_IPS_KDSERANG_1100432_Chapter1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/19005/5/S_IPS_KDSERANG_1100432_Chapter2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/19005/6/S_IPS_KDSERANG_1100432_Chapter3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/19005/7/S_IPS_KDSERANG_1100432_Chapter4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/19005/8/S_IPS_KDSERANG_1100432_Chapter5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/19005/9/S_IPS_KDSERANG_1100432_Bibliography.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/19005/10/S_IPS_KDSERANG_1100432_Appendix.pdf</identifier><identifier> Nuryanto, Liana (2015) IMPLEMENTASI PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING MODEL COURSE REVIEW HORAY PADA KONSEP TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA: PTK di Kelas IV SDN Tamansari V Kecamatan Pulomerak Kota Cilegon. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. </identifier><recordID>19005</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nuryanto, Liana
title IMPLEMENTASI PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING MODEL COURSE REVIEW HORAY PADA KONSEP TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA: PTK di Kelas IV SDN Tamansari V Kecamatan Pulomerak Kota Cilegon
publishDate 2015
topic LB1501 Primary Education
url http://repository.upi.edu/19005/1/S_IPS_KDSERANG_1100432_Title.pdf
http://repository.upi.edu/19005/2/S_IPS_KDSERANG_1100432_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/19005/3/S_IPS_KDSERANG_1100432_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/19005/4/S_IPS_KDSERANG_1100432_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/19005/5/S_IPS_KDSERANG_1100432_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/19005/6/S_IPS_KDSERANG_1100432_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/19005/7/S_IPS_KDSERANG_1100432_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/19005/8/S_IPS_KDSERANG_1100432_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/19005/9/S_IPS_KDSERANG_1100432_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/19005/10/S_IPS_KDSERANG_1100432_Appendix.pdf
http://repository.upi.edu/19005/
contents Implementasi Pendekatan Cooperative Learning Model Course Review Horay pada Konsep Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Tamansari V Kecamatan Pulomerak Kota Cilegon”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih menggunakan metode tradisional, sehingga siswa tidak dapat berperan secara aktif dan hanya menerima materi yang disampaikan oleh guru. Sehingga tujuan pembelajaran belum dapat tercapai secara maksimal. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV di SDN Tamansari V Kecamatan Pulomerak Kota Cilegon. Dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang, 12 siswa laki-laki, dan 12 siswa perempuan. Adapun masalah utama dalam penetian ini adalah “Apakah hasil belajar siswa kelas IV SDN Tamansari V tentang ‘Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Tansportasi’ dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran course review horay?” Pendekatan cooperative learning model course review horay adalah suatu pendekatan dimana siswa melaksanakan proses pembelajaran dengan belajar secara kelompok. Pada model course review horay tahap awal siswa dibagi kedalam beberapa kelompok, setiap kelompok harus menyerukan yel-yel nya sebelum mengerjakan soal dari guru. Bilamana pada saat pengoreksian soal ada kelompok yang benar dalam menjawab, maka kelpok tesebut harus menyerukan “horee”. Berdasarkan analisis data, ketuntasan hasil belajar siswa dapat meningkat melalui model pembelajaran course review horay. Terbukti dari data secara empiris bahwa ketuntasan belajar pada prasiklus nilai rata-rata kelas 60,62 meningkat pada siklus I menjadi 66,45 dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 80,20. Dari data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran course review horay dapat menngkatkan hasi belajar siswa pada konsep teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi, sehingga dapat direkomendasikan kepada seluruh pembaca dan peneliti yang lain untuk dapat menggunakan pendekatan ini.
id IOS14013.19005
institution DEFAULT
institution_type library:public
library
library DEFAULT
collection DEFAULT
city DEFAULT
province DEFAULT
repoId IOS14013
first_indexed 2020-06-22T08:29:49Z
last_indexed 2020-06-22T08:29:49Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1765980229371691008
score 17.538404