PENGARUH PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP SEKOLAH EFEKTIF PADA SD NEGERI TERAKREDITASI A DI KECAMATAN CIPANAS DAN PACET KABUPATEN CIANJUR
Daftar Isi:
- Penelitian dilatarbelakangi dari rendahnya efektivitas sekolah pada SD Negeri Kecamatan Cipanas dan Pacet Kabupaten Cianjur, dibuktikan dengan data akreditasi sekolah tahun 2013 menunjukkan hanya 55,6% yang telah memperoleh Akreditasi A. Studi empirik dan studi lapangan yang dilakukan menunjukkan bahwa sekolah efektif ditentukan oleh faktor perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran sekolah efektif, perilaku kepemimpinan kepala sekolah, dan iklim sekolah; serta pengaruh perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap sekolah efektif, pengaruh iklim sekolah terhadap sekolah efektif, juga pengaruh perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap sekolah efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Proporsional Sampling yang memperhatikan proporsi jumlah populasi pada masing-masing sekolah. Responden terdiri dari kepala sekolah yang berjumlah 35 dan 133 guru yang telah disampling. Hasil penelitian menunjukkan gambaran sekolah efektif, perilaku kepemimpinan kepala sekolah, dan iklim sekolah, berkategori sangat tinggi. Selanjutnya, terdapat pengaruh positif dan signifikan dari perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap sekolah efektif, terdapat pengaruh positif dan signifikan dari iklim sekolah terhadap sekolah efektif, dan terdapat pengaruh positif dan signifikan dari perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah secara simultan terhadap sekolah efektif. Rekomendasi diberikan kepada kepala sekolah, guru, dan peneliti lain. Kepala sekolah perlu memperbaiki perilaku kepemimpinannya, dan bersama guru perlu bekerja sama untuk menciptakan iklim sekolah yang kondusif agar sekolah efektif dapat tercipta. Sedangkan untuk peneliti lain, agar dapat memperbaiki penelitian ini, baik secara teoritis maupun metodologis.