ctrlnum 18733
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.upi.edu/18733/</relation><title>EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI PAI : Studi Quasi Eksperiment Materi Ajar Perintah Menyantuni Kaum &#x1E0C;u`af&#x101;` dalam Q.S. Al-Isr&#x101;` [17] ayat 26-27 dan Q.S. Al-Baqarah [2] ayat 177 terhadap Siswa Kelas XI SMA Yayasan Atikan Sunda Bandung Tahun Ajaran 2013-2014</title><creator>Pratiwi, Puji Oktavia</creator><subject>BL Religion</subject><subject>BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berkenaan dengan penggunaan metode pembelajaran. Tidak banyaknya guru PAI tidak menggunakan media pembelajaran, untuk menyampaikan materi yang bersumber utama dari al-Qur`&#x101;n seperti perintah menyantuni kaum &#x1E0D;u`af&#x101;` dalam Q.S. Al-Isr&#x101;` [17] ayat 26-27 dan Q.S. Al-Baqarah [2] ayat 177. Sehingga siswa seringkali bosan dan jenuh dalam pembelajaran untuk memahami materi, terutama materi aspek al-Qur`&#x101;n. Seperti kita ketahui, dalam pembelajaran aspek al-Qur`&#x101;n yang sering dikaji adalah membahas ilmu tajw&#x12B;d agar siswa dapat membaca ayat al-Qur`&#x101;n dengan baik dan benar, serta memahami dan mengaplikasikan. Dengan mind map, diyakini dapat memudahkan guru maupun siswa dalam meningkatkan pemahaman. Mind map merupakan media visual yang berbentuk diagram yang dapat dibuat dan digunakan guru secara kreatif pada saat kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas mind map terhadap pemahaman siswa pada materi PAI. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitiannya nonequivalent control group design yaitu terdapat dua kelompok yang dipilih secara tidak acak.. Teknik pengumpulan datanya adalah tes kognitif, dan untuk menganalisa data yang dihasilkan penulis menggunakan uji perbedaan dua rerata, uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji efektivitas dengan menentukan gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan mind map ini tidak terlalu efektif. Hal ini dilihat dari rerata nilai posttest kedua kelas yang menunjukkan nilai uji Mann Whitney sebesar 227,500 dengan nilai Asymp. Sig 0,731 yang lebih besar dari nilai taraf signifikan 0,05, maka H0 diterima. Jadi rata-rata nilai hasil posttest kelas eksperimen dan kontrol tidak berbeda secara signifikan. Dan berdasarkan perolehan nilai gain ternormalisasi pada kelas eksperimen yaitu 0,3 dan kelas kontrol hanya nol, yang keduanya berada dalam kategori rendah. Dengan demikian karena penggunaan mind map hanya mampu menaikkan gain ternormalisasi 0,3, maka dapat disimpulkan kembali bahwa penggunaan mind map tidak terlalu efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi PAI</description><date>2015-06-11</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/18733/6/S_PAI_0907185_Title.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/18733/5/S_PAI_0907185_Abstract.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/18733/4/S_PAI_0907185_Table_of_Content.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/18733/7/S_PAI_0907185_Chapter1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/18733/9/S_PAI_0907185_Chapter2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/18733/10/S_PAI_0907185_Chapter3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/18733/1/S_PAI_0907185_Chapter4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/18733/3/S_PAI_0907185_Chapter5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/18733/2/S_PAI_0907185_Bibliography.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/18733/8/S_PAI_0907185_Appendix.pdf</identifier><identifier> Pratiwi, Puji Oktavia (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI PAI : Studi Quasi Eksperiment Materi Ajar Perintah Menyantuni Kaum &#x1E0C;u`af&#x101;` dalam Q.S. Al-Isr&#x101;` [17] ayat 26-27 dan Q.S. Al-Baqarah [2] ayat 177 terhadap Siswa Kelas XI SMA Yayasan Atikan Sunda Bandung Tahun Ajaran 2013-2014. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. </identifier><relation>http://repository.upi.edu</relation><recordID>18733</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Pratiwi, Puji Oktavia
title EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI PAI : Studi Quasi Eksperiment Materi Ajar Perintah Menyantuni Kaum Ḍu`afā` dalam Q.S. Al-Isrā` [17] ayat 26-27 dan Q.S. Al-Baqarah [2] ayat 177 terhadap Siswa Kelas XI SMA Yayasan Atikan Sunda Bandung Tahun Ajaran 2013-2014
title_sub Studi Quasi Eksperiment Materi Ajar Perintah Menyantuni Kaum Ḍu`afā` dalam Q.S. Al-Isrā` [17] ayat 26-27 dan Q.S. Al-Baqarah [2] ayat 177 terhadap Siswa Kelas XI SMA Yayasan Atikan Sunda Bandung Tahun Ajaran 2013-2014
publishDate 2015
topic BL Religion
BP Islam. Bahaism. Theosophy
etc
url http://repository.upi.edu/18733/6/S_PAI_0907185_Title.pdf
http://repository.upi.edu/18733/5/S_PAI_0907185_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/18733/4/S_PAI_0907185_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/18733/7/S_PAI_0907185_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/18733/9/S_PAI_0907185_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/18733/10/S_PAI_0907185_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/18733/1/S_PAI_0907185_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/18733/3/S_PAI_0907185_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/18733/2/S_PAI_0907185_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/18733/8/S_PAI_0907185_Appendix.pdf
http://repository.upi.edu/18733/
http://repository.upi.edu
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berkenaan dengan penggunaan metode pembelajaran. Tidak banyaknya guru PAI tidak menggunakan media pembelajaran, untuk menyampaikan materi yang bersumber utama dari al-Qur`ān seperti perintah menyantuni kaum ḍu`afā` dalam Q.S. Al-Isrā` [17] ayat 26-27 dan Q.S. Al-Baqarah [2] ayat 177. Sehingga siswa seringkali bosan dan jenuh dalam pembelajaran untuk memahami materi, terutama materi aspek al-Qur`ān. Seperti kita ketahui, dalam pembelajaran aspek al-Qur`ān yang sering dikaji adalah membahas ilmu tajwīd agar siswa dapat membaca ayat al-Qur`ān dengan baik dan benar, serta memahami dan mengaplikasikan. Dengan mind map, diyakini dapat memudahkan guru maupun siswa dalam meningkatkan pemahaman. Mind map merupakan media visual yang berbentuk diagram yang dapat dibuat dan digunakan guru secara kreatif pada saat kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas mind map terhadap pemahaman siswa pada materi PAI. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitiannya nonequivalent control group design yaitu terdapat dua kelompok yang dipilih secara tidak acak.. Teknik pengumpulan datanya adalah tes kognitif, dan untuk menganalisa data yang dihasilkan penulis menggunakan uji perbedaan dua rerata, uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji efektivitas dengan menentukan gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan mind map ini tidak terlalu efektif. Hal ini dilihat dari rerata nilai posttest kedua kelas yang menunjukkan nilai uji Mann Whitney sebesar 227,500 dengan nilai Asymp. Sig 0,731 yang lebih besar dari nilai taraf signifikan 0,05, maka H0 diterima. Jadi rata-rata nilai hasil posttest kelas eksperimen dan kontrol tidak berbeda secara signifikan. Dan berdasarkan perolehan nilai gain ternormalisasi pada kelas eksperimen yaitu 0,3 dan kelas kontrol hanya nol, yang keduanya berada dalam kategori rendah. Dengan demikian karena penggunaan mind map hanya mampu menaikkan gain ternormalisasi 0,3, maka dapat disimpulkan kembali bahwa penggunaan mind map tidak terlalu efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi PAI
id IOS14013.18733
institution DEFAULT
institution_type library:public
library
library DEFAULT
collection DEFAULT
city DEFAULT
province DEFAULT
repoId IOS14013
first_indexed 2020-06-22T08:29:44Z
last_indexed 2020-06-22T08:29:44Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1765980108562104320
score 17.538404