Daftar Isi:
  • Penelitian dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan bahwa karakter transendensi siswa SMA pada kategori sangat tinggi sebanyak 7%, kategori tinggi sebanyak 17%, kategori sedang sebanyak 43%, kategori rendah sebanyak 27% dan kategori sangat rendah sebanyak 6%. Penelitian bertujuan untuk merumuskan konseling spiritual teistik untuk meningkatkan karakter transendensi siswa kelas XI SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung tahun ajaran 2012/2013. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan konseling spiritual teistik efektif untuk meningkatkan karakter transendensi siswa SMA. Rekomendasi ditujukan kepada: (1) Guru bimbingan dan konseling dapat mengimplementasikan konseling spiritual teistik sebagai salah satu pendukung peningkatan karakter siswa; (2) Penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian dan pengembangan model konseling spiritual teistik untuk mengembangkan karakter transendensi. Kata kunci: Karakter Transendensi, Konseling Spiritual Teistik, Character Strength.