PENGARUH KOMUNITAS FANS JKT48 TERHADAP PEMBENTUKAN PERILAKU KONSUMTIF PELAJAR ANGGOTA KOMUNITAS WEST JAVA BANDUNG
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi fans JKT48 yang dikenal konsumtif, termasuk pelajar yang juga merupakan fans dari JKT48. Dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh manajemen JKT48, biaya yang dibutuhkan untuk mengikuti kegiatan tersebut cukup mahal, terlebih bagi pelajar yang belum mempunyai pendapatan sendiri. Selain itu terdapat juga beberapa project yang dilakukan oleh fans bersama dengan komunitas yang diikutinya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat nilai pengaruh komunitas fans JKT48 terhadap pembentukan perilaku konsumtif pelajar yang menjadi anggota komunitas West Java Bandung. Untuk mencapai tujuan itu, penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi sederhana. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode angket terhadap 80 responden, data yang diperoleh kemudian diuji validitas, reliabilitas, normalitas dan linieritas. Setelah memenuhi standar kelayakan analisis regresi dengan nilai Anova sebesar 0,00, karena nilai Anova < 0,05 maka penelitian ini dikatakan layak dan memenuhi standar regresi. Hubungan antara kedua variabel dinyatakan dengan persamaan regresi Y = 11,127 + 0,777, yang artinya setiap peningkatan 1 skor variabel komunitas, maka berpengaruh sebesar 0,777 pada variabel konsumtif. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini adalah sebesar sig 0,049, karena 0,049 < 0,05 maka hipotesis yang diterima adalah H0, yaitu terdapat pengaruh antara komunitas fans JKT48 terhadap pembentukan perilaku konsumtif pelajar.