PENGARUH PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA KONSEP DAUR AIR: Penelitian Eksperimen dikelas V SDN Umbul Tengah 1 Kecamatan Taktakan Kota Serang
Daftar Isi:
- Hasil belajar siswa pada dengan konsep daur air di kelas V Sekolah Dasar Negeri Umbul Tengah 1 masih sangat kurang dan perlu adanya peningkatan. Upaya untuk memperbaiki masalah tersebut maka peneliti memberikan solusi dengan menerapkan pendekatan Brain Based Learning (BBL) yang terdiri dari tujuh tahapan di kelas eksperimen yaitu pra pemaparan, persiapan, inisiasi dan akuisi, elaborasi, inkubasi dan memasukkan memori, verifikasi dan pengecekkan keyakinan, serta tahap perayaan dan integrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Brain Based Learning dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan konvensional. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang diterapkannya pendekatan Brain Based Learning dikelas eksperimen dan pembelajaran konvensional dikelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu Noneqivalent Control group Design. Instrumen yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan software SPSS 20, Microsoft Excel dan Microsoft Word. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan dimana hasil pretest antara kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki selisih rerata 2. Namun setelah dilakukan beberapa treatment yang berbeda hasil belajar antara pembelajaran dikelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang signifikan yaitu hasil posttets dikelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 81 dan hasil posttest dikelas kontrol memiliki nilai rata-rata 66 jadi selisih rerata nilai dari kedua kelas tersebut adalah 15 dengan nilai yang paling mengalami signifikan adalah kelas eksperimen. Hasil uji T-tes dilakukan dengan menggunakan bantuan software SPSS 20, hasil uji t-test dikelas kontrol menunjukkan nilai signifikasi diperoleh adalah 0.001 dan nilai 0.001 <0.05 dari taraf signifikasi 5% maka Ho ditolak dan hasil uji T-tes eksperimen menunjukkan nilai signifikasi diperoleh adalah 0.000 dan nilai 0.000 <0.05 dari taraf signifikasi 5% maka Ho ditolak, artinya nilai rata-rata hasil uji t-tes pada kelas kontrol dan eksperimen memiliki perbedaan nilai rata-rata. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Brain Based Learning.