PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA SEKOLAH DASAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dialami siswa kelas V sekolah dasar dalam pembelajaran IPS materi Keanakeragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia tersebut didasari oleh kurangnya kerjasama dalam belajar sehingga pada saat pembelajaran hanya siswa-siswa yang memiliki kemampuan tinggi yang mendominasi, sementara siswa yang kemampuannya rendah sering terasingkan, dan siswa sulit untuk belajar secara kelompok karena hanya ingin sekelompok dengan temannya yang pintar saja. Guna menjawab permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kerjasama siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw pada pelajaran IPS, dan (2) mendeskripsikan kerjasama siswa setelah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw. Penelitian ini dilakukan melalui empat tahapan yang merupakan adaptasi dari model Kemmis dan Mc.Taggart, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Data diperoleh dari lembar observasi kerjasama pada setiap siklus. Berdasarkan hasil data tersebut, kerjasama siswa kelas V mengalami peningkatan. Pada siklus I persentase kerjasama siswa dalam kategori kerjasama tinggi adalah 9,5% dan pada siklus II persentase kerjasama siswa dalam kategori kerjasama tinggi adalah 76,2%. Dari data tersebut menunjukkan ada peningkatan kemampuan kerjasama siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw. Selain itu, dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw siswa lebih antusias dan paham terhadap materi. Simpulan dari penelitian ini Secara umum pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan lancar. Kerjasama siswa mengalami peningkatan setelah mendapatkan pembelajaran dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan guru menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw untuk meningkatkan kerjasama siswa