DESAIN PEMBELAJARAN ENERGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERDASARKAN ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA: Penelitian Tindakan Kelas Menerapkan Didactical Design Research di Kelas IV SDN Gedeg Kecamatan Taktakan Kota Serang
Daftar Isi:
- Kesulitan belajar dan rendahnya hasil belajar dalam pembelajaran IPA pada konsep energi adalah kondisi yang melatar belakangi penelitian ini. Hal ini disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang digunakan kurang efektif untuk merangsang dan tidak mengajak siswa terlibat aktiv dalam pembelajaran. Problem based learning merupakan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Karena siswa terlibat aktiv dalam menemukan dan memecahkan masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis berbagai kesulitan belajar siswa pada materi energi dengan pendekatan problem based learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menerapkan didactical design reseach. Dengan format penelitian dalam 2 siklus sementara teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes. Hasil penelitian ini ditemukan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan hasil belajar siswa pada pra siklus nilai rata-rata siswa hanya mencapai 36,6. Pada siklus I, niali rata-rata siswa menjadi 56,3. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa kembali meningkat menjadi 72,3. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran berbasi problem based learning dapat meningkatkan hasil dan mengatasi kesulitan belajar pada siswa. Maka dari itu dalam proses pembelajaran sebaiknya menggunakan pendekatan yang efektiv dan menjadikan siswa sebagai centre dalam pembelajaran. Hal tersebut akan merangsang anak untuk lebih aktiv lagi sehingga kesulitan belajar pada siswa dapat diatasi.