Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi pedagogik guru di PAUD Bee School dan PAUD Grow Education.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru di PAUD Bee School dan PAUD Grow Education melalui penerapan program In House Training. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kolaboratif.Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari guru di PAUD Bee School dan PAUD Grow Education.Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tertulis, pedoman observasi dan studi dokumentasi.Analisis data dilakukan secara kualitatif.Setelah diterapkan program In House Traininghasil penelitian menunjukkan bahwa 1).Kompetensi pedagogik guru yang mencakup pada aspek pemahaman perkembangan dan karakteristik anak, teori-teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran meningkat. 2). Kompetensi pedagogik guru dalam merencanakan pembelajaran meningkat. 3). Kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan pembelajaran meningkat. 4). Kompetensi pedagogik guru dalam membuat penilaian proses dan hasil belajar meningkat.Berdasarkan temuan penelitian ini penulis memberi saran kepada semua pihak yang terkait dalam proses pembelajaran khususnya bagi guru agar dapat memahami perkembangan dan karakteristik anak, teori-teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran serta penilaian proses dan hasil belajar, sehingga program In House Training dapat terus ditindaklanjuti untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru di PAUD.