Daftar Isi:
  • Seorang pendidik dihadapkan dengan tugas yang berat, tidak terkecuali bagi guru. Oleh karena itu, peneliti berupaya menerapkan gaya guided discovery learning diantaranya menggunakan gaya mengajar konvergen dan divergen dalam materi pembelajaran kesehatan yaitu pada pertolongan pertama pada kecelakaan pembalutan luka dan pembidaian. Tujuannya untuk mengetahui apakah adanya perbedaan gaya mengajar konvergen dan divergen dalam pembelajaran kesehatan terhadap hasil belajar pertolongan pertama pada kecelakaan (studi eksperimen pada siswa SMP Negeri 16 Bandung). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Menggunakan sampel sebanyak 32 siswa dengan random sampling. Instrumen yang digunkan adalah Tes Angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan Ms.Excel 2010, dengan alat uji rata-rata simpangan baku,uji normalitas Liliefors, uji homogenitas kesamaan dua varians, uji hipotesis Independt sample t-test. Hasil menujukkan bahwa tidak terdapat perbedaan ,hal ini ditunjukkan dengan t Stat awal -1,54 dan t Stat akhir 0,35. Adapun saran penulis adalah harus lebih mempertimbangkan program latihan dan gaya mengajar yang lebih baik diterapkan khususnya bagi peserta didik SMP Negeri 16 Bandung