Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif serta Disposisi Matematis Siswa melalui Pembelajaran Problem Based Learning
ctrlnum |
17812 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.upi.edu/17812/</relation><title>Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif serta Disposisi Matematis Siswa melalui Pembelajaran Problem Based Learning</title><creator>Rahmawati, Shani</creator><subject>QA Mathematics</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan kritis matematis, serta menelaah disposisi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori. Desain penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah non equivalent group pretest-posttest design. Pada penelitian ini terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan model Problem Based Learning dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran dengan ekspositori. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Bandung dengan sampel penelitian siswa kelas VIII sebanyak dua kelas yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data hasil penelitian berupa tes kemampuan berpikir kreatif dan kritis matematis siswa, skala disposisi matematis siswa serta wawancara. Pengolahan data peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dilakukan dengan menggunakan uji-t. Pengolahan data disposisi matematis siswa dilakukan dengan menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan problem based learning lebih baik daripada menggunakan pembelajaran ekspositori; (2) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan problem based learning lebih baik daripada menggunakan pembelajaran ekspositori; (3) Tidak terdapat perbedaaan disposisi matematis antara siswa yang belajar melalui problem based learning dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori.</description><date>2015-06-29</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/17812/2/T_MTK_1302713_title.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/17812/3/T_MTK_1302713_abstract.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/17812/2/T_MTK_1302713_table_of_content.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/17812/5/T_MTK_1302713_chapter1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/17812/1/T_MTK_1302713_chapter2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/17812/2/T_MTK_1302713_chapter3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/17812/2/T_MTK_1302713_chapter4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/17812/2/T_MTK_1302713_chapter5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/17812/5/T_MTK_1302713_bibliography.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/17812/4/T_MTK_1302713_appendix.pdf</identifier><identifier> Rahmawati, Shani (2015) Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif serta Disposisi Matematis Siswa melalui Pembelajaran Problem Based Learning. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. </identifier><recordID>17812</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Rahmawati, Shani |
title |
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif serta Disposisi Matematis Siswa melalui Pembelajaran Problem Based Learning |
publishDate |
2015 |
topic |
QA Mathematics |
url |
http://repository.upi.edu/17812/2/T_MTK_1302713_title.pdf http://repository.upi.edu/17812/3/T_MTK_1302713_abstract.pdf http://repository.upi.edu/17812/2/T_MTK_1302713_table_of_content.pdf http://repository.upi.edu/17812/5/T_MTK_1302713_chapter1.pdf http://repository.upi.edu/17812/1/T_MTK_1302713_chapter2.pdf http://repository.upi.edu/17812/2/T_MTK_1302713_chapter3.pdf http://repository.upi.edu/17812/2/T_MTK_1302713_chapter4.pdf http://repository.upi.edu/17812/2/T_MTK_1302713_chapter5.pdf http://repository.upi.edu/17812/5/T_MTK_1302713_bibliography.pdf http://repository.upi.edu/17812/4/T_MTK_1302713_appendix.pdf http://repository.upi.edu/17812/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan kritis matematis, serta menelaah disposisi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori. Desain penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah non equivalent group pretest-posttest design. Pada penelitian ini terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan model Problem Based Learning dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran dengan ekspositori. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Bandung dengan sampel penelitian siswa kelas VIII sebanyak dua kelas yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data hasil penelitian berupa tes kemampuan berpikir kreatif dan kritis matematis siswa, skala disposisi matematis siswa serta wawancara. Pengolahan data peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dilakukan dengan menggunakan uji-t. Pengolahan data disposisi matematis siswa dilakukan dengan menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan problem based learning lebih baik daripada menggunakan pembelajaran ekspositori; (2) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan problem based learning lebih baik daripada menggunakan pembelajaran ekspositori; (3) Tidak terdapat perbedaaan disposisi matematis antara siswa yang belajar melalui problem based learning dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori. |
id |
IOS14013.17812 |
institution |
DEFAULT |
institution_type |
library:public library |
library |
DEFAULT |
collection |
DEFAULT |
city |
DEFAULT |
province |
DEFAULT |
repoId |
IOS14013 |
first_indexed |
2020-06-22T08:29:22Z |
last_indexed |
2020-06-22T08:29:22Z |
recordtype |
dc |
merged_child_boolean |
1 |
_version_ |
1765980089277743104 |
score |
17.538404 |