ctrlnum 17812
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.upi.edu/17812/</relation><title>Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif serta Disposisi Matematis Siswa melalui Pembelajaran Problem Based Learning</title><creator>Rahmawati, Shani</creator><subject>QA Mathematics</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan kritis matematis, serta menelaah disposisi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori. Desain penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah non equivalent group pretest-posttest design. Pada penelitian ini terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan model Problem Based Learning dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran dengan ekspositori. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Bandung dengan sampel penelitian siswa kelas VIII sebanyak dua kelas yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data hasil penelitian berupa tes kemampuan berpikir kreatif dan kritis matematis siswa, skala disposisi matematis siswa serta wawancara. Pengolahan data peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dilakukan dengan menggunakan uji-t. Pengolahan data disposisi matematis siswa dilakukan dengan menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan problem based learning lebih baik daripada menggunakan pembelajaran ekspositori; (2) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan problem based learning lebih baik daripada menggunakan pembelajaran ekspositori; (3) Tidak terdapat perbedaaan disposisi matematis antara siswa yang belajar melalui problem based learning dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori.</description><date>2015-06-29</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/17812/2/T_MTK_1302713_title.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/17812/3/T_MTK_1302713_abstract.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/17812/2/T_MTK_1302713_table_of_content.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/17812/5/T_MTK_1302713_chapter1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/17812/1/T_MTK_1302713_chapter2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/17812/2/T_MTK_1302713_chapter3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/17812/2/T_MTK_1302713_chapter4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/17812/2/T_MTK_1302713_chapter5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/17812/5/T_MTK_1302713_bibliography.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/17812/4/T_MTK_1302713_appendix.pdf</identifier><identifier> Rahmawati, Shani (2015) Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif serta Disposisi Matematis Siswa melalui Pembelajaran Problem Based Learning. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. </identifier><recordID>17812</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rahmawati, Shani
title Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif serta Disposisi Matematis Siswa melalui Pembelajaran Problem Based Learning
publishDate 2015
topic QA Mathematics
url http://repository.upi.edu/17812/2/T_MTK_1302713_title.pdf
http://repository.upi.edu/17812/3/T_MTK_1302713_abstract.pdf
http://repository.upi.edu/17812/2/T_MTK_1302713_table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/17812/5/T_MTK_1302713_chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/17812/1/T_MTK_1302713_chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/17812/2/T_MTK_1302713_chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/17812/2/T_MTK_1302713_chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/17812/2/T_MTK_1302713_chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/17812/5/T_MTK_1302713_bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/17812/4/T_MTK_1302713_appendix.pdf
http://repository.upi.edu/17812/
contents Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan kritis matematis, serta menelaah disposisi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori. Desain penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah non equivalent group pretest-posttest design. Pada penelitian ini terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan model Problem Based Learning dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran dengan ekspositori. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Bandung dengan sampel penelitian siswa kelas VIII sebanyak dua kelas yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data hasil penelitian berupa tes kemampuan berpikir kreatif dan kritis matematis siswa, skala disposisi matematis siswa serta wawancara. Pengolahan data peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dilakukan dengan menggunakan uji-t. Pengolahan data disposisi matematis siswa dilakukan dengan menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan problem based learning lebih baik daripada menggunakan pembelajaran ekspositori; (2) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan problem based learning lebih baik daripada menggunakan pembelajaran ekspositori; (3) Tidak terdapat perbedaaan disposisi matematis antara siswa yang belajar melalui problem based learning dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori.
id IOS14013.17812
institution DEFAULT
institution_type library:public
library
library DEFAULT
collection DEFAULT
city DEFAULT
province DEFAULT
repoId IOS14013
first_indexed 2020-06-22T08:29:22Z
last_indexed 2020-06-22T08:29:22Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1765980089277743104
score 17.538404