Daftar Isi:
  • Penelitian berjudul “Pengembangan Instrumen Penilaian Proyek untuk Menilai Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA pada Materi Sistem Koloid” ini bertujuan untuk memperoleh instrumen penilaian proyek yang digunakan untuk menilai keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem koloid, mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen yang digunakan, dan mengetahui tanggapan siswa mengenai penilaian proyek yang dilaksanakan. Metode penelitian yang dilakukan adalah menggunakan metode research and development (R&D).Penelitian dilakukan di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Indramayu.Instrumen yang digunakan adalah taskdisertai rubrik penilaian dan angket.Pengembangan instrumen penilaian proyek dilakukan dengan membuat kisi-kisi instrumen yang kemudian dilakukan validasi isi oleh empat orang dosen ahli dan tiga orang guru mata pelajaran kimia. Dari hasil validasi ditemukan nilai CVR sebesar 1,00 untuk semua task yang dikembangkan, artinya task yang dikembangkan sudah valid dan dapat digunakan. Setelah dilakukan uji coba instrumen diperoleh nilai reliabilitas 0,87. Hasil analisis data keterampilan berpikir kreatif menunjukkan bahwa 18,8% siswa dikatakan baik sekali, 50% baik, 18,8% cukup, dan 12,4% kurang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian proyek yang dikembangkan dapat digunakan untuk menilai keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem koloid