Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang ditemukan yaitu kurangnya kemampuan siswa kelas VB dalam pembelajaran menulis puisi. Banyaknya siswa yang belum mampu dalam menulis puisi yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurang optimalnya penerapan media dan metode yang digunakan oleh guru serta pembendaharaan kosa-kata siswa yang rendah. Oleh karena itu diperlukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut, Salah satunya dengan menggunakan media gambar fotografi sebagai solusi yang dapat digunakan untuk meningkat keterampilan siswa dalam pembelajaran menulis puisi. Sudjana (2010, hlm. 70) mengungkapkan gambar fotografi pada dasarnya membantu mendorong para siswa dan dapat membangkitkan minatnya pada pelajaran. Membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berbahasa, kegiatan seni dan pernyataan kreatif dalam cerita, dramatisasi, bacaan, penulisan, melukis, menggambar, serta membantu mereka menafsirkan dan mengingat-ngingat isi materi bacaan dari buku teks. Maka dari itu rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, 1) Bagaimanakah langkah-langkah penggunaan media gambar fotografi dalam pembelajaran menulis puisi di kelas V B SDN Saruni 2 Pandeglang?, 2) Bagaimanakah peningkatan hasil keterampilan siswa dalam menulis puisi dengan menggunakan media gambar fotografi di kelas V B SDN Saruni 2 Pandeglang?. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas model kemmis dan Mc Taggart dengan tahapan penelitian yang terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II, dengan rancangan penelitian dari tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian memperlihatkan peningkatan keterampilan siswa dalam menulis puisi. pada tahap pra siklus nilai rata-rata siswa hanya mencapai 60,4. ketika diberi tindakan hasilnya mengalami kenaikan pada siklus I dengan rata-rata nilai yang diperoleh siswa sebesar 69,6. Kemudian pada siklus II hasilnya semakin meningkat dengan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 79,4. Dari data penelitian yang diperoleh selama penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan digunakannya media gambar fotografi maka dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi dikelas V, sehingga dapat direkomendasikan kepada guru, kepala sekolah, dan peneliti lain bahwa penggunaan media gambar fotografi merupakan salah satu satu alternatif untuk pembelajaran bahasa Indonesia dalam menulis puisi.