Daftar Isi:
  • Penelitian ini berkenaan dengan pemanfaatan media TIK pada pembelajaran Bahasa Inggris dalam implementasi kurikulum 2013, khususnya dalam perencanaan pemanfaatan media TIK, pelaksanaan pemanfaatan media TIK, evaluasi pemanfaatan media TIK, kendala yang dirasakan guru dalam memanfaatkan media TIK, dan cara mengatasi kendala yang dirasakan guru dalam memanfaatkan media TIK. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi diambil dari jumlah guru Bahasa Inggris di SMAN se-Kota Bandung yang kemudian diambil sampel sebanyak 25% dari jumlah populasi yang ada. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket. Teknik analisis data menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa, sebagian besar guru Bahasa Inggris di SMAN se-kota Bandung bisa memanfaatkan media TIK dalam implementasi kurikulum 2013. Adapun simpulan khusus dari penelitian ini adalah 1) Sebagian besar guru Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Bandung memanfaatkan media TIK dalam implementasi kurikulum 2013, dengan persentase rata-rata sebesar (83,83%), 2) Sebagian besar guru Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Bandung melakukan pelaksanaan pemanfaatan media TIK dalam implementasi kurikulum 2013, dengan persentase rata-rata sebesar (80,3%), 3) Sebagian besar guru Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Bandung melakukan evaluasi pemanfaatan media TIK dalam implementasi kurikulum 2013, dengan persentase rata-rata sebesar (78,66%), 4) Kurang dari setengahnya guru Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Bandung yang merasakan kendala pada pemanfaatan media TIK dalam implementasi kurikulum 2013, dengan persentase rata-rata sebesar (48,73%), 5) Lebih dari setengahnya guru Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Bandung dapat mengatasi kendala yang dirasakan pada pemanfaatan media TIK dalam implementasi kurikulum 2013, dengan persentase rata-rata sebesar (75,75%). This research regarding the use of ICT media in the teaching of English in the curriculum 2013 implementation, especially in planning the use of ICT media, media utilization of ICT implementation, evaluation of media utilization of ICT, teachers perceived constraints in the use of ICT media, and how to overcome perceived obstacles teachers in utilize ICT media. This study is a descriptive study with quantitative approach. Population is taken from the number of English teachers at National High School as the city Bandung, which is then taken a sample of 25% of the total population. Data collection techniques in this study a questionnaire. Data were analyzed using percentages. Based on the research results can be concluded that, most of the English teachers at National High School as the city Bandung can utilize ICT media in curriculum 2013 implementation. The specific conclusions of this study were 1) The majority of English teachers in the National High School as the city Bandung media using ICT in curriculum 2013 implementation, the average percentage of (83.83%), 2) the majority of English teachers in the National High School as the city of Bandung to exercise media utilization of ICT in the curriculum 2013 implementation, the percentage average of (80.3%), 3) Most English teachers in National High School as the city of Bandung to evaluate media utilization of ICT in the curriculum 2013 implementation, the average percentage of (78.66%), 4) Less than half an English teacher at the National High School as the city of Bandung who feel the constraints on media use of ICT in the curriculum 2013 implementation, the average percentage of (48.73%), 5) More than half of teachers of English The National High School as the city of Bandung can overcome perceived obstacles to the use of ICT media in curriculum 2013 implementation, the average percentage of (75.75%).