Penggunaan Media S2DLS (Sony Sugema Digital Learning System) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada SMA Alfa Centauri Bandung (Studi Deksriptif Korelasional Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Siswa Kelas X MIA Di SMA Alfa Centauri Bandung)
Daftar Isi:
- Penelitian ini menjawab permasalahan penelitian yang telah dirumuskan, mengenai apakah terdapat pengaruh positif yang signifikan dalam penggunaan media S2DLS (Sony Sugema Digital Learning System) dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika bagi siswa kelas X MIA di SMA Alfa Centauri Bandung. Secara lebih khusus perrmasalahan dirumuskan untuk mengetahui : (1) Bagaimana pelaksanaan penggunaan media S2DLS (Sony Sugema Digital Learning System) pada mata pelajaran matematika bagi siswa kelas X MIA di SMA Alfa Centauri Bandung? ; (2) Bagaimana evaluasi dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika bagi siswa kelas X MIA di SMA Alfa Centauri Bandung?. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket, studi dokumentasi dan observasi. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan ukuran sampel sebanyak 75 orang. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas data, analisis korelasi menggunakan rumus rank spearman, uji signifikasi, uji t dan uji determinasi. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, dapat diambil kesimpulan, bahwa penggunaan media S2DLS dalam media pembelajaran untuk meningkatkan hasil pembelajaran pada mata pelajaran Matematika bagi siswa kelas X MIA di SMA Alfa Centauri menunjukkan pengaruh yang kuat. Hal ini disebabkan, penggunaan S2DLS yang bersifat fleksibel, dan disesuaikan dengan kebutuhan gaya belajar masing-masing siswa, selain itu S2DLS dapat dijadikan suplemen tambahan untuk membantu proses pemahaman tujuan pembelajaran karena konten yang tersedia di dalam S2DLS sangat bervariasi dan menarik perhatian siswa. In general this research answers the problems of the test which has been formulated , is there a significant positive influence in the use of S2DLS (Sony Sugema Digital Learning System) media in improves learning outcomes on Math for class students X of MIA at Alfa Centauri High School Bandung. More specialized synthesis a problem is as follows: 1. How the implementation of the use of the Sugema S2DLS Media ( Sony Sugema Digital Learning system) in Mathematics for students in class X of MIA at Alfa Centauri High School Bandung? ; 2. How is the evaluation of student learning outcomes in Mathematics for students in class X of MIA at Alfa Centauri High School Bandung ? . This study uses a method of correlational deksriptive with a quantitative approach .An instrument used is research poll. Study of documentation and observation. The sampling technique that used is simple random sampling by the size of samples taken from 75 students. Data analysis technique is done by testing data normality , correlation analysis using formulas of Rank Spearman , significance test , t - test and the determination. In conclusion, the use of the S2DLS media to improve the learning lessons on Mathematics at Alfa Centauri High School students of class of X MIA to show strong influence. It is caused by the use of the S2DLS which is flexible. It means can it be used anytime, anywhere in the world, over and over, and adjusted to the needs of learning style of each student, In addition S2DLS can make additional supplements to help is process of understanding the purpose of learning because of the content available in S2DLS very varied and draw the attention of students