PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM DALAM MENULIS PUISI (Penelitian Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas VII SMP Kartika XIX-1 Bandung Tahun Ajaran 2014-2015)
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tentang kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh bukti otentik mengenai kemampuan menulis puisi siswa kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran Quantum dan kemampuan menulis puisi siswa kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran Quantum. Menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran Quantum merupakan proses kegiatan menciptakan sebuah karangan yang bermakna dan imajinatif dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga menumbuhkan semangat, kreativitas, dan imajinasi siswa. Dalam penelitian ini, model pembelajaran Quantum dikemas berdasarkan dua konsep utamanya, yaitu dunia sebagai ruang belajar dan memberi dorongan positif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data yang menunjukkan bahwa peningkatan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata prates kelas eksperimen adalah 52,15 dan pascates adalah 79,09. Sedangkan nilai rata-rata prates kelas kontrol adalah 54,30 dan pascates adalah 70,14. Data tersebut menunjukkan terdapat pemerolehan perbedaan (gain) nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 26,94 dan perbedaan (gain) nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 15,84. Uji hipotesis menunjukan pemerolehan data dengan nilai ttabel≤ thitung, yaitu 2,021 ≤ 4,31. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran Quantum efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi. Oleh karena itu, model pembelajaran Quantum dapat dijadikan model pembelajaran alternatif dalam pembelajaran menulis puisi.