KONSTRUKSI BAHAN AJAR INTERAKSI ANTAR MOLEKUL MENGGUNAKAN KONTEKS PRINTER INKJET UNTUK MENCAPAI KEMAMPUAN VIEW OF NATURE OF SCIENCE PESERTA DIDIK SMA
Daftar Isi:
- Penelitian dilakukan untuk mengkonstruksi bahan ajar interaksi antarmolekul menggunakan konteks printer inkjet untuk mencapai kemampuan view of nature of science peserta didik kelas X SMA. Penelitian ini mengacu pada Model of Educational Reconstruction (MER) yang dibatasi pada tahap klarifikasi dan analisis struktur konten, dan investigasi pre-konsepsi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh pre-konsepsi peserta didik dan perspektif saintis terhadap konsep interaksi antarmolekul, printer inkjet, dan hubungan keduanya; mengetahui karakteristik bahan ajar; dan menemukan penilaian ahli terhadap rancangan bahan ajar tersebut. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, lembar analisis teks, lembar validasi indikator dan tujuan pembelajaran aspek kognitif dan aspek afektif, lembar validasi analisis konsep, dan lembar validasi rancangan bahan ajar. Data penelitian yang diperoleh berupa transkripsi wawancara 10 orang peserta didik kelas X, hasil analisis teks, hasil validasi indikator dan tujuan pembelajaran aspek kognitif dan aspek afektif, hasil validasi analisis konsep, dan hasil validasi rancangan bahan ajar. Hasil wawancara menunjukkan bahwa 100% peserta didik telah mengenal printer inkjet, namun memiliki pre-konsepsi yang berbeda dengan perspektif saintis terhadap konsep printer inkjet. Karakteristik bahan ajar yang dihasilkan adalah (a) dikembangkan berdasarkan refleksi pre-konsepsi peserta didik dan perspektif saintis, (b) dikembangkan sesuai dengan tingkat kognitif peserta didik yang dapat memenuhi kriteria accessible, (c) dilengkapi dengan aspek nature of science (NOS), dan (d) menggunakan urutan pengajaran dan pembelajaran Sains dan Teknologi Literasi (STL) dengan mengadopsi tahap pembelajaran Chemie im Kontext (ChiK). Hasil validasi bahan ajar memperoleh nilai CVI rata-rata 0,952. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dihasilkan sudah layak digunakan untuk peserta didik SMA.