Daftar Isi:
  • Penelitian dilatarbelakangi oleh fenomena yang berkembang di kalangan remaja dalam memanfaatkan uang saku yang diberikan orang tua. Remaja cenderung memanfaatkan uang sakunya dalam mengutamakan penampilan dan keinginan dibanding kebutuhan untuk sekolah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran umum perilaku konsumtif peserta didik sebagai dasar untuk mengembangkan rancangan hipotetik konseling kelompok restrukturisasi kognitif untuk mengendalikan perilaku konsumtif remaja. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Temuan penelitian, menunjukkan: (1) Perilaku konsumtif peserta didik secara umum berada pada intensitas jarang, namun terdapat indikasi kecenderungan intensitas sering pada dimensi pemenuhan keinginan; (2) Gambaran perilaku konsumtif peserta didik merupakan landasan dalam penyusunan rancangan hipotetik konseling kelompok restrukturisasi kognitif untuk mengendalikan perilaku konsumtif remaja yang dinyatakan layak oleh pakar dan praktisi. Restrukturisasi kognitif difokuskan untuk mengendalikan perilaku konsumtif peserta didik dengan materi mengendalikan diri dari pola pikir irasional, pengelolaan uang, penyusunan skala prioritas, dan upaya peningkatan diri untuk hidup hemat. Guru BK dan peneliti selanjutnya secara aplikatif dapat menggunakan hasil rancangan intervensi yang telah disusun untuk mengendalikan perilaku konsumtif peserta didik. This research was motivated by the growing phenomenon among adolescents in using pocket money given parent. Adolescent tend to take advantage of his pocket money in promoting the appearance and desire than the need for school. The purpose of this research was to know the description of adolescents’ consumptive behavior as a basis to developing a hypothetical design of counseling group cognitive restructuring for control consumptive behavior of adolescent. The study uses a quantitative approach with descriptive methods. The results of the study, showed: (1) generally, the consumption behavior of adolescents at an intensity rarely, but there are indications of a tendency on intensity often in dimensions of wish fulfillment; (2) a description of the consumptive behavior of adolescents is a cornerstone in the preparation of a hypothetical design of counseling group cognitive restructuring to control consumptive behavior of adolescent who declared eligible by experts and practitioners. Cognitive restructuring focused on controlling the consumption behavior of learners with material refrain from irational thinking, money management, and preparation priorities. Counselor and the further researcher, can use design of intervention that have been developed to control the consumption behavior of adolescents.