PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI SIMULASI KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MOMENTUM DAN IMPULS PADA SISWA SMA
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penguasaan konsep fisika yang bersifat abstrak. Sehingga untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika tersebut dikembangkan simulasi komputer momentum dan impuls dengan menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan empat tahapan yakni: tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Sebanyak 36 siswa kelas XI IPA di salah satu SMA negeri di Kota Bandung menjadi sampel dalam penelitian ini. Instrumen untuk mengetahui kelayakan simulasi komputer menggunakan validasi ahli media, ahli materi dan angket pengguna sedangkan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa menggunakan pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa simulasi komputer yang dikembangkan layak digunakan dalam penelitian yang ditunjukkan dengan persentase rata-rata penilaian oleh ahli media sebesar 76%, ahli materi sebesar 78,5% dan pengguna sebesar 85,6%. Sedangkan penguasaan konsep momentum dan impuls setelah diimplementasikan simulasi komputer mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan gain dinormalisasi <g> sebesar 0,61 dengan kategori sedang This research is based on the lack of mastery of abstract concepts of physics. Thus, this study aims to develop a computer simulation that can improve mastery of momentum concepts of momentum and impulse on senior high school students. To achieve these objectives the research method used is Research and Development (R & D) with four stages namely: preliminary study stage, the development stage, the implementation stage, and the evaluation stage. A total of 36 science students of grade 11 in one of public senior high school in Bandung became the sample in this study. The instrument used to assess the feasibility of computer simulation used the validation of media expert, expert content and the user questionnaire, while to determine the increase of students' mastery of concepts using a pretest and posttest in the form of multiple choices. The expert validation results show that the computer simulations developed is worth used in the study as indicated by the average percentage by media expert assessment at76%, matter expert at 78.5% and users at 85.6%. While mastery of momentum concept and impulse once implemented computer simulation has increased. This is indicated by the normalized gain <g> of 0.61 with the medium category.