PENGARUH METODE PRAKTIK PADAT DAN METODE PRAKTIK DISTRIBUSI TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN SEPAKBOLA: Studi Eksperimen Terhadap Ekstakurikuler Sepakbola SMA N 9 Bandung
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan pengaruh metode praktik padat terhadap hasil pembelajaran keterampilan sepakbola dan metode praktik distrbusi terhadap hasil pembelajaran keterampilan sepakbola di SMA N 9 Bandung. Metode yang digunakan adalah eksperimen, dan dengan menggunakan desain penelitian two group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler sepakbola SMA N 9 Bandung, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang siswa yang diambil melalui teknik sampling jenuh. Dalam penelitannya kelompok A diberikan treatment dengan menggunakan metode praktik padat dan kelompok B diberikan treatment menggunakan metode praktik distribusi. Berdasarkan hasil penelitian, t-hitung metode praktik padat 3,52 > t-tabel 1,860 maka h1 diterima artinya terdapat pengaruh dari metode praktik padat terhadap pembelajaran keterampilan sepakbola dan t-hitung metode praktik distribusi 4,88 > 1,860 maka h2 diterima artinya terdapat pengaruh dari metode praktik padat terhadap hasil pembelajaran keterampilan sepakbola. Kesimpulannya, metode praktik distribusi memberikan pengaruh yang lebih baik dan signifikan dibandingkan dengan metode praktik padat. Disarankan kepada siswa dan guru pendidikan jasmani agar menggunakan metode praktik distribusi jika dibandingkan dengan metode praktik padat. The aim of this research is to know any significant difference of the influence of massed and distributed practice to football game learning product at SMA N 9 Bandung. The method employed in this research is experimentand using two group pretest posttest design. Population in this research are all the students of SMA N 9 Bandung who join the football extracurricular, meanwhile sample of this research are 20 students who are taken from the choosing samples with certain consideration ( Purposive Sampling). At the research group A has given by massed practice and group B has given by distributed practice. The result of research is there are different result of football learning product. The distributed practice has more give a better influence than massed practice. So, for the teacher, there is better to use a distributed practice then massed practice.