MEDIA FACEBOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI (Studi Kuasi Eksperimen kepada Siswa Kelas VII 3 SMP Negeri 16 Bandung Taun Ajaran 2014/2015)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis khususnya pembelajaran menulis pengalaman pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat signifikansi peningkatan kemampuan dalam keterampilan menulis pengalaman pribadi di kelas VII 3 SMP Negeri 16 Bandung dengan menggunakan Media Facebook. Metode yang digunakan adalah studi kuasi eksperimen dengan desain one group pretest postest design. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 3 SMP Negeri 16 Bandung. Variabel bebas dalam penelitian adalah Media Facebook, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan dalam keterampilan menulis pengalaman pribadi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu instrument tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis t test. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, rata-rata hasil belajar menulis pengalaman pribadi siswa kelas VII 3 sebelum menggunakan media facebook yaitu (61,76) belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan rata-rata setelah menggunakan media facebook adalah (79,59) sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah dilakukan analisis dengan t test diperoleh harga thitung (12,38) > ttabel (2,46). Dengan demikian terbukti bahwa Media Facebook dapat meningkatkan hasil belajar menulis pengalaman pribadi pada siswa kelas VII 3 SMP Negeri 16 Bandung.