Profil Kematangan Karier Siswa dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling (Studi Deskriptif terhadap Siswa Kelas XII SMK Farmasi Mitradharma Cililin Tahun Ajaran 2014/2015)
Daftar Isi:
- Penelitian dilatarbelakangi oleh kebingungan, ketakutan siswa, dan ketiadaan ekonomi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi sehingga dalam menentukan karier yang dipilih menjadi terhambat. Pendekatan yang digunakan untuk meneliti kematangan karier siswa adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII SMK Farmasi Mitradharma Cililin tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 129 siswa dan semua siswa dijadikan sample dalam penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah intrumen non tes berupa angket mengenai kematangan karier. Hasil penelitian menunjukkan sebesar 18,60 % siswa termasuk kategori matang, 67,44 % berada pada kategori cukup matang dan 13,95% berada pada kategori kurang matang. Kesimpulan dalam penelitian adalah profil kematangan karir siswa kelas XII SMK Farmasi Mitradharma Cililin Tahun Ajaran 2014/2015 berada pada kategori cukup matang. Implementasi layanan bimbingan karier untuk meningkatkan kematangan karir siswa diperuntukkan bagi siswa dengan kategori kurang matang. Rekomendasi ditujukan bagi guru bimbingan dan konseling SMK dan bagi peneliti selanjutnya.