Daftar Isi:
  • Mutu layanan akademik merupakan aspek yang perlu mendapatkan perhatian khusus karena mutu layanan akademik merupakan wujud nyata pelayanan kegiatan proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini, adalah (1) Memperoleh gambaran tentang kepemimpinan visioner kepala sekolah pada sekolah dasar negeri di kecamatan Cicalengka, (2) Memperoleh gambaran tentang kinerja mengajar guru pada sekolah dasar negeri di kecamatan Cicalengka, (3) Memperoleh gambaran tentang mutu layanan akademikpada sekolah dasar negeri di kecamatan Cicalengka, (4) Menganalisis seberapa besar pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap mutu layanan akademikpada sekolah dasar negeri di kecamatan Cicalengka, (5) Menganalisis seberapa besar pengaruh kinerja mengajar guru terhadap mutu layanan akademik pada sekolah dasar negeri di kecamatan Cicalengka, (6) Menganalisis seberapa besar pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah dan kinerja mengajar guru terhadap mutu layanan akademik pada sekolah dasar negeri di kecamatan Cicalengka.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu survey dengan pendekatan kuantitatif melalui analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 45 orang kepala sekolah dan 551 orang guru sekolah dasar negeri di kecamatan Cicalengka. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 45 orang kepala sekolah dan 156 orang guru.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Proportionate Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket tertutup dengan 5 skala penilaian (Likert).Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan visioner kepala sekolah pada sekolah dasar negeri di kecamatan Cicalengka berada pada kategori sangat tinggi, kinerja mengajar guru pada sekolah dasar negeri di kecamatan Cicalengka berada pada kategori sangat tinggi dan mutu layanan akademik pada sekolah dasar negeri di kecamatan Cicalengka berada pada kategori sangat tinggi. Selain itu, pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap mutu layanan akademik berada pada kategori sedang, pengaruh kinerja mengajar guru terhadap mutu layanan akademik berada pada kategori kuat, dan pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah dan kinerja mengajar guru terhadap mutu layanan akademik berada pada kategori kuat.Rekomendasi yang disarankan untuk meningkatkan kepemimpinan visioner yaitu rumusan visi dan misi sekolah disosialisasikan secara intens dan dijadikan slogan dan jargon. Untuk meningkatkan kinerja mengajar guru perlu diadakan pembinaan pembuatan alat dan media pembelajaran. Mutu layanan akademik ditingkatkan dengan mengadopsi pendekatan Total Quality Management (TQM).