Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan berdasarkan dari permasalahan di TK Islam Ibnu Sina bahwa kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri masih rendah dan kurang dikembangkan optimal dalam pembelajaran. Metode pembelajaran yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri, hanya sebatas pada beberapa metode rutinitas saja seperti bercerita, bercakap-cakap atau Tanya jawab. Atas dasar kondisi tersebut, maka secara umum permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri melaalui penggunaan media balok kayu di TK Islam Ibnu Sina?’ yang dirumuskan sebagai berikut : (1) Bagaimana kondisi awal proses pembelajaran di TK Islam Ibnu Sina; (2) Bagaimana penggunaan media balok kayu untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri; (3) Bagaimana peningkatan kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri setelah menggunakan media balok kayu. Adapun tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang peningkatan kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri di TK Islam Ibnu Sina melalui penggunaan media balok kayu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk memperbaiki proses pembelajaran mengenal bentuk geometri melalui penggunaan media balok kayu, agar peningkatan kemampuan anak mengenal bentuk geometri menjadi optimal. PTK dilakukan dengan dua siklus, dengan subjek anak-anak kelompok A1 TK Islam Ibnu Sina yang berjumlah 19 anak. Dari hasil pelaksanaan dan observasi yang telah dilakukan, terjadi peningkatan yang cukup besar terutama pada siklus dua. Peningkatan tersebut. Peningkatan tersebut terlihat dari indikator penilaian anak dalam menunjukkan bentuk geometri, mengelompokkan bentuk geometri,mengurutkan pola dan mencipta bentuk geometri. Hal ini disebabkan karena anak mulai tertarik mengikuti pembelajaran mengenal bentuk geometri, media yang sediakan lebih menarik dan guru mulai mengerti langkah-langkah penggunaan media balok kayu. Rekomendasi bagi guru agar pembelajaran mengenal bentuk geometri melalui penggunaan media balok kayu lebih dikembangkan lagi, baik dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat membuat penelitian mengenai kemampuan anak mengenal bentuk geometri melalui metode yang lain.