KONTRIBUSI KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERMAIN BULUTANGKIS BERDASARKAN TINGKAT KECEMASAN studi deskriptif pada siswa sekolah dasar Muhammadiyah 3 Bandung usia 10–12 tahun
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji besarnya kontribusi kepercayaan diri terhadap hasil belajar keterampilan dasar bermain bulutangkis berdasarkan tingkat kecemasan. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif kuantitatif terhadap 80 orang siswa (40 putera dan 40 puteri) yang berusia 10–12 tahun di SD Muhammadiyah 3 Bandung. Data dikumpulkan menggunakan skala kepercayaan diri, skala kecemasan dan tes keterampilan dasar bermain bulutangkis (servis panjang dan lob bertahan). Menguji validitas data skala kecemasan dianalisis menggunakan analisis ekspolatori faktor dengan faktor loading 0.788, skala kepercayaan diri menggunakan analisis konfirmatori faktor dengan faktor loading 0.760. Uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha skala kecemasan 0,942 dan skala kepercayaan diri mempunyai reliabilitas 0,826. Hasil uji asumsi analisis linearitas untuk mengetahui hubungan antar variabel dengan signifikasi 0.000 metode yang digunakan adalah < 0,05. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa terdapat hubungan negatif antara kepercayaan diri dan kecemasan sebesar -0,903 dan hasil uji Moderat Regresion Analysis (MRA) menujukan bahwa terdapat kontribusi kepercayaan diri tethadap hasil keterampilan dasar bermain bulutangkis berdasarkan tingkat kecemasan yaitu sebesar 52,6%. Hasil uji Regresi kepercayaan diri dengan tingkat kecemasan tinggi memberikan kontribusi sebesar 30,5% sedangkan kepercayaan diri dengan tingkat kecemasan rendah memberikan kontribusi sebesar 14,8%.