Daftar Isi:
  • Penelitianinidilatarbelakangiolehpentingnyamenstimulasiperkembangankecerdasananaksejakusiadini. Kenyataandilapanganbanyakpraktekpendidikananakusiadini yang menggunakanmetodepembelajaransecara verbal yang hanyamengembangkankemampuananaksecaraakademik. Kecederunganpendidikananakusiadinimengakumenggunakanpendekatanpembelajarandenganprinsipbelajarmelaluibermain, namunpadakenyataannya proses pembelajaran yang dilakukanmasihbelummelakukanprinsip-prinsipbermain yang menggunakanalatpermainansebagai media pembelajaran. Permasalahanpokokpenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanaaktivitaspembelajaran di kelompokbermaincalakandenganmenggunakanalatpermainanedukatifdapatmembantupengembanganpotensikecerdasananak.Penelitianinidilakukandenganmenggunakanpendekatankualitatifstudikasus di KelompokBermainCalakanLembang.Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahobservasi, wawancara, danstudidokumentasi.Observasidilakukandalamsetingpembelajaranbaik di kelasMaupun di luarkelas agar dapatmelihatbagaimanaaktivitaspembelajaran yang dilakukan, sedangkanteknikwawancaradigunakanuntukmendapatkan data yang tidakbisadiperolehmelaluiobservasidanstudidokumentasi.Hasilpenelitiandananalisis data menunjukanbahwaperencanaanpembelajaranmelaluialatpermainanedukatifgunamengembangkankecerdasananak yang disusun guru secaraumumcukupbaik.Alatpermainanedukatif yang digunakancukupvariatifdanbanyakmacamnyasehinggadapatmengembangkanseluruhpotensikecerdasananak.Padaumumnyasetiapdimensikecerdasantelahmancapaitingkatperkembangan yang cukupbaikwalaupunbelummeratapadasetiapanak.Untukmeningkatkankemampuandanketeranpilan, sertapemahamanmembuatperencanaanpembelajaranmelaluialatpermainanedukatif, penelitimerekomendasikan guru untukmengikutikegiatanpelatihan yang terkaitdenganpenggunaanalatpermaianedukatif, studi banding kesekolah yang telahmenerapkanalatpermainanedukatifsepenuhnya. Guru sebaiknyamemberikankesempatanpadaanakuntukdapatmemilihpermainan yang akandilakukandalam proses pembelajarandengancara guru menyediakanalatpermainanedukatif yang sesuaidanproporsionalsesuaidenganjumlahanak, menataalatpermainanedukaifdenganmenariksehingga proses belajaranakdapatlebikmaksimal. Bagiparapenelitiselanjutnyasebaiknyahanyamenelitibeberapadimensikecerdasansaja agar dapatmendapatkanhasil yang lebihmendalam, membuatsebuah model pembelajaranmelaluialatpermainanedukatifgunamengembangkankecerdasanjamakanak.