UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS penelitian tindakan kelas vii d smpn 26 bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi dengan ditemukannya permasalahan yang terjadi di kelas VII D yaitu rendahnya partisipasi siswa selama proses pembelajaran IPS berlangsung, hal ini terlihat selama pembelajaran berlangsung hanya terdapat dua orang siswa yang bertanya serta memberikan pendapatnya sedangkan yang lainnya hanya sibuk dengan kegiatannya masing-masing. Rendahnya partisipasi siswa juga terlihat dengan kurangnya tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, serta kurangnya minat siswa untuk membaca buku teks. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka penulis menggunakan metode diskusi kelompok untuk meningkatkan partisipasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan sebanyak IV siklus, karena pada siklus keempat peneliti menganggap tujuan penelitian yang diharapkan telah tercapai. Hasi penelitian yang dilakukan di kelas VII D SMPN 26 Bandung menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan metode diskusi kelompok dapat berjalan dengan baik terlihat dari adanya pengaruh terhadap kualitas belajar siswa. (2) Pelaksanaan dari penerapan metode diskusi kelompok dalam proses pembelajaran IPS telah mampu meningkatkan partisipasi siswa di kelas VII D SMPN 26 Bandung, hal ini membuktikan bahwa adanya pengaruh antara proses pengajaran yang dilakukan oleh guru dengan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran di kelas. (3) Untuk kegiatan refleksi dilakukan secara berkelanjutan, setelah dilaksanakannya proses pembelajaran di kelas melalui penggunaan metode diskusi kelompok. Dimana melalui penggunaan metode diskusi kelompok mampu meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran IPS. Hal ini dibuktikan dengan hasil peningkatan partisipasi siswa dalam setiap siklusnya. Adapun pada siklus I peningkatan partisipasi siswa baru sekitar 56,3% yang termasuk ke dalam kategori cukup, pada siklus II terjadi peningkatan 14,1% menjadi 70,4% yang meningkat ke dalam kategori baik, pada siklus III naik 9,2% menjadi 79,6% yang tetap pada kategori baik, dan pada siklus IV tidak mengalami perubahan dari siklus sebelumnya yaitu 79,6% yang termasuk ke dalam kategori baik. Oleh karena itu, penggunaan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran IPS.