PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN PECAHAN SISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi dengan masalah masih rendahnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran matematika terutama pada materi konsep bilangan pecahan. Karena luasnya permasalahan tersebut, maka rumusan masalah yang diteteapkan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan pembelajaran matematika pada konsep bilangan pecahan dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing di SDN.Kubangsari?, 2) Bagaimana peningkatan komunikasisiswa dalam pembelajaran matematika pada konsep bilangan pecahan dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing di SDN.Kubangsari?, 3) Bagaimana peningkatan pemahaman konsep bilangan pecahan siswa setelah menggunakan model pembelajaran tipe snowball throwing di SDN.Kubangsari?. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, sedangkan yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kubangsari Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur yang berjumlah 25 siswa. Dengan penggunaan model pembelajaran snowball throwing ternyata langkah-langkah pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar, aktivitas siswa meningkat serta dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika tentang konsep bilangan pecahan. Hal ini dapat dapat dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I yang hanya mencapai 68, 40 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 78,40. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran tipe snowball throwing dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri Kubangsari Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I hanya mencapai 11 orang atau 44% dan yang belum tuntas belajarnya mencapai 14 orang atau 56%. Nampun, pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 20 orang atau 80% dan yang belum tuntas belajarnya 5 orang atau 20%. Saran untuk guru alangkah baiknya apabila penerapan model pembelajaran snowball throwing diterapkan dengan prosedur yang tepat dalam berbagai mata pelajaran terutama dalam mata pelajaran matematika. Khusus dalam komponen bertanya, guru harus lebih pandai menyiasati untuk memancing siswa agar lebih aktif bertanya. Misalnya, dengan menggunakan pemodelan yang lebih interaktif dan menarik.