Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan model Learning Management System (LMS) dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran menguasai pengukuran komponen elektronika (MPKE) bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bandung. LMS adalah salah satu sistem pembelajaran online atau e-learning yang merupakan sebuah aplikasi pengelolaan pembelajaraan berbasis web yang dapat memfasilitasi siswa/peserta didik untuk belajar dalam sebuah kelas virtual. Model pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah model LMS berbasis Moodle yang tersedia di laman http://lms.smk.com. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R and D) yang menganalisis permasalahan berdasarkan kajian dan temuan penelitian yang kemudian dikembangkan untuk menghasilkan suatu produk model. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik kuasi eksperimen yang menggunakan pretest-posttest group design. Kelompok eksperimen diberi perlakukan pembelajaran dengan implementasi model LMS, sementara pada kelompok kontrol diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Data dalam penelitian ini diperolah dari hasil pretest dan posttest dan kemudian dianalisis dengan uji perbandingan rata-rata (uji t) dan uji perbedaan skor gain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pencapaian hasil belajar siswa SMK pada mata pelajaran MPKE yang menggunakan model LMS lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan analisis tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa model Learning Management System (LMS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran MPKE di Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Bandung.