Daftar Isi:
  • Kemampuan pemahaman dan penalaran matematis serta kebiasaan berpikir (Habits of Mind) merupakan kemampuan matematis yang harus dimiliki siswa dalam setiap pembelajaran matematika. Namun beberapa penelitian dan kenyataan di lapangan menggambarkan bahwa kemampuan ini masih belum dikuasai oleh siswa sepenuhnya. Salah satu penyebabnya adalah masih monotonnya guru dalam mengajar dan banyak guru yang belum menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kedua kemampuan matematis ini. Salah satu model pembelajaran yang dapat dijadikan acuan bagi guru dalam mengajar adalah model pembelajaran kooperatif tipe Make a Macth. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman dan penalaran matematis serta kebiasaan berpikir (Habits of Mind) siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dibandingkan siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan disain eksperimen disain kelompok kontrol tidak ekuivalen (the nonequivalent control group design). Populasi penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Jambe di Kabupaten Tangerang Tahun Pelajaran 2013/2014. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IXE sebagai kelas eksperimen dan IXF sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman dan penalaran matematis serta angket kebiasaan berpikir. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan bantuan SPSS 16 dan Microsoft office Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: peningkatan kemampuan pemahaman dan penalaran matematis serta kebiasaan berpikir (Habits of Mind) siswa SMP yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.