PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN PKn UNTUK MEMBINA KARAKTER KEWARGANEGARAAN Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VII E di SMP Laboratorium Percontohan UPI Bandung
Daftar Isi:
- Skripsi ini merupakan laporan penelitian tentang penggunaan media komik dalam pembelajaran PKn untuk membina Karakter Kewarganegaraan, yang diselenggarakan di SMP Laboratorium Percontohan UPI Bandung dan melibatkan guru mata pelajaran PKn dan siswa kelas VII E. Pertanyaan penelitian ini adalah (1)Bagaimana kondisi awal pembelajaran PKn kelas VII E SMP Labschool UPI sebelum diterapkan media komik (2)Bagaimana pelaksaanaan penggunaan media komik dalam pembelajaran PKn untuk membina karakter kewarganegaraan (3)Bagaimana efektivitas penggunaan media komik dalam pembelajaran PKn untuk membina karakter kewarganegaraan (4) Bagaimana keunggulan, kendala dan upaya yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran PKn dengan menggunakan media komik. Untuk menjawab pertanyaan tersebut penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik 1)Wawancara 2)Observasi 3) Tes 4)Studi dokumentasi 5)Studi literature. Data dianalisis dengan menggunakan teori yang dipakai oleh Miles dan Huberman meliputi 1) Reduksi data 2) Penyajian data 3) Penarikan kesimulan/verifikasi. Hasil analisis data mengungkapkan bahwa dengan menggunakan media komik dalam pembelajaran PKn, Karakter Kewarganegaraan siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya terdiri dari aspek keberanian bertanya, menjawab dan menanggapi, bekerjasama, tanggung jawab, toleransi, dan menghargai teman. Selain membina karakter kewarganegaraan media komik dapat membantu dan memudahkan siswa dalam memahami materi PKn terlihat dari nilai post test yang selalu meningkat pada setiap siklusnya. Media komik dapat menumbuhkan karakter gemar membaca siswa. Sehingga media komik telah berhasil membina karakter kewarganegaraan siswa terlihat peningkatan yang signifikan dari setiap siklusnya.