Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran langsung terhadap tingkat kepercayaan diri pada keterampilan guling belakang kaki lurus. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMAN 11 Bandung sebanyak 50 siswa dan siswi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Metode Penelitian ini yaitu metode eksperimen, dengan desain eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen yang digunakan yaitu angket kepercayaan diri (Vealey, al : 1998) dan penilaian keterampilan guling belakang kaki lurus yang berpedoman pada Australian Gymnastic Federation INC (Schembri, G :1989). Dari tabel distribusi t untuk α = 0,05 dan dk = 48 didapat nilai ttabel sebesar 1,678. Setelah dilakukan Uji Signifikansi dengan menggunakan Uji-t diperoleh hasil thitung kepercayaan diri kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar (-0,49) < ttabel (1,678) . Sedangkan hasil thitung keterampilan guling belakang kaki lurus sebesar (0,328) < ttabel (1,678). Maka (Ho) diterima dan (H1) ditolak. Kesimpulannya adalah Model Pembelajaran Langsung tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan diri pada keterampilan guling belakang kaki lurus pembelajaran senam lantai kelas X di SMAN 11 Bandung.