Daftar Isi:
  • Lemahnya pemahaman strategi pengajaran guru dan bentuk tugas gerak yang menunjang belajar siswa dalam pembelajaran penjas khususnya aktivitas ritmik dapat mengakibatkan lemahnya kreativitas belajar siswa. Guru penjas perlu untuk menumbuhkan kembangkan cara berpikir dan bersikap kreatif siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani khususnya aktivtitas ritmik.Studi eksperimen semu pre-test post-test control group design telah dilakukan pada 26 sampel dari 107 populasi siswa di SMK Negeri 3 Cimahi. Instrumen pengumpul data menggunakan angket berupa skala kreativitas sebagai alternatif jawabannya. Data hasil analisis angket berupa skala kreativitas diperoleh hasil penghitungan t-hitungnya 8,46 dengan t-tabel 1,71 (dk = 24 dengan taraf signifikan α = 0,05). Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa, terdapat perbedaan kreativitas belajar siswa pada saat sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran kooperatif pada siswa kelas XI Perhotelan SMK Negeri 3 Cimahi. Serta terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas belajar siswa antara kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif dan yang tidak pada siswa kelas XI Perhotelan SMK Negeri 3 Cimahi.