Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini yaitu pengusaha yang dalam lima bulan terakhir mengalami penurunan pendapatan usahanya. Hal itu terjadi karena para pengusaha kurang mempunyai sikap perilaku kewirausahaan yang baik selama lima bulan terakhir di tahun 2013. Selain itu juga kurangnya pengusaha melakukan pemasaran produk secara luas dan sering kepada masyarakat. Ditambah juga dengan semakin banyaknya pengusaha dan semakin tinggi juga tingkat persaingan yang berada di kawasan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh factor perilaku kewirausahaan, pemasaran dan daya saing terhadap pendapatan pengusaha sablon kaos. Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian yaitu pengusaha pada Sentra Industri Sablon Kaos Suci Kota Bandung. Sampel sebanyak 151 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survey eksplanatori dengan menggunakan angket sebagai alat pengumpul data dan teknik menggunakan regresi linier berganda, dalam analisis data menggunakan bantuan program Eviews 5.0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,177atau17,70%, artinya besarnya sumbangan (kontribusi) variable bebas perilaku kewirausahaan (X1), pemasaran (X2) dan daya saing (X3) terhadap variable dependen pendapatan pengusaha (Y) sebesar 17,70%, dan sisanya sebesar 82,23% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa secara simultan maupun secara parsial variabel perilaku kewirausahaan dan pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pengusaha, sedangkan variabel daya saing tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan pengusaha.